Pernikahan Terunik Suku Kuti Anyia Sumatera Barat, Resepsi Di Khiasi Khitan Masal Gratis

  • Whatsapp

ANDALEH BARUAH BUKIK | TANAH DATAR- Telah terlaksananya acara pernikahan seorang putra asli nagari Andaleh Baruh Bukik, Yassed Satria dengan seorang putri cantik dari Lima Kaum di kediaman mempelai pria Jorong Andaleh, pada 26 Desember 2020.

Acara tersebut tidak hanya melangsungkan ritual adat pernikahan seperti biasanya, tetapi ada yang menarik dari resepsi acara tersebut, yaitu khitanan massal yang langsung dibiayai oleh keluarga mempelai pria dan dilangsungkan beriringan dengan acara resepsi pernikahan.

Para peserta khitanan massal yang ikut memeriahkan acara pernikahan tersebut merupakan anak-anak dari jorong Andaleh yang memiliki perekonomian kurang mampu. Sehingga, dengan adanya acara pernikahan Yassed Satria, anak-anak tersebut beserta orang tua nya sangat terbantu dan merasa bersyukur.

“Acara baralek kini ko dak hanyo acara baralek biaso sajo do, disamping menjalankan sunnah rosul, banyak keluarga yang tabantu dek olek ko, sabanyak 8 orang anak-anak yang bisa untuak sunaik massal, bearti lah 8 keluarga lo yang tabantu dek nyo”, ungkapan T.DT. Indo Marajo Nan Kuniang, yang merupakan mak datuak dari mempelai pria, dan datuak suku di kaum kuti-anyia.

Mak datuak menambahkan, “salamoko urang bagolek untuak pribadi sajonyo, kini acara bagolek untuak masyarakat basamo, untuang-untuang acara mode ko dak sakali sajo do, ado ndaknyo yang manaruihan tradisi mode iko”.

Sebelumnya, akad pernikahan angara Yassed satria dengan istri tercinta telah dilaksanakan pada tanggal 25 Desember 2020, dan untuk resepsi di kesiaman mempelai wanita akan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2020 di lima kaum, batusangkar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *