Pergantian Tahun Baru,Polisi Pasbar “BUBAR” kan Kerumunan

  • Whatsapp

SIMPANG AMPEK PASBAR | SUMBAR — Polisi dan Aparat gabungan satpol PP Pasbar terpaksa membubarkan ratusan warga yang nongkrong disepanjang jalan 32 Simpang Ampek sekitar kawasan perkantoran kantor Bupati Pasaman Barat. Saat pembubaran, warga diminta untuk kembali kerumah masing-masing.

Pembubaran itu dilakukan sekitar setengah jam jelang pergantian tahun 2020 ke tahun 2021. Kerumunan itu juga terlihat banyak warga yang berkumpul tidak menggunakan masker.

Sebelumnya Kamis (31/12/2020) sore hingga menjelang malam terpantau ratusan warga memadati sekitaran dan pelataran taman tematik PN Pasaman Barat hingga sisi jalan protokol Pasaman Baru Padang Tujuah.

Selain membuat kerumunan, area tersebut dibisingkan dengan suara knalpot racing, sehingga mengganggu kenyamanan pelayanan kesehatan Rumah Sakit Ibnu Sina (Yarsi) yang ada di kawasan perkantoran Bupati Pasaman Barat.

Pembubaran itu juga berdasarkan surat edaran Bupati Pasaman Barat mengenai pencegahan penyebaran virus corona dan adanya larangan untuk berkerumun di saat momentum Malam Tahun Baru.

Sejumlah pemilik warung diminta juga untuk tutup lebih awal dari biasanya, Kepada pemilik penanggungjawab,atau pengelola rumah ibadah, tempat wisata, dan fasilitas publik lainnya agar menerapkan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid. -19 oleh pengunjung, diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan atau keramaian serta menutup tempat usaha paling lambat pukul 02:00 WIB.

Sesuai surat edaran Bupati Pasaman Barat tersebut mengimbau warga untuk tidak mengadakan perayaan pergantian tahun baru 2021 yang menyebabkan kerumunan dan keramaian.

Disamping surat edaran tersebut, juga diperkuat dengan maklumat Kepala Kepolisan Republik Indonesia tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur natal dan tahun baru tahun 2021.

Maklumat itu guna memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur natal dan tahun baru tahun 2021. Untuk tidak menyelenggarakan kerumunan ditempat umum.

Dalam maklumat tersebut Kapolri juga menegaskan apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat itu, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yamg diperlukan sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

​​​​​Sementara meski berbagai kegiatan masyarakat di pusat keramaian dilarang, namun pesta kembang api masih berlangsung meriah dari rumah-rumah warga. Selamat Tahun Baru 2021.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *