Kegiatan Kemanusiaan Relawan Simpang Timbo Abu Kajai

  • Whatsapp

SHOOTLINENEWS.COM | PASBAR SUMBAR — Simpang Timbo Abu, Talamau, Minggu 07/02/2021. Menjelang magrib tiba, tim Relawan Simpang Timbo Abu Kajai (STAK) didampingi ketua BAMUS Nagari Kajai, kembali mengunjungi warga masyarakat kurang mampu untuk memberikan paket sembako. Kegiatan ini dinamakan Minggu Berbagi.

Relawan STAK adalah lembaga sosial yang tergabung dalam KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB) dan MRPB-PEDULI. Relawan STAK bermula dari keprihatinan dan kepedulian dari beberapa orang pemuda setempat: Hendriko, Joel Pasbar, Rudi EL, Irwan Tanjoeng, Lidya, dan pemuda lainnya.

“Dalam kegiatan kemanusiaan ini, kita berharap bisa sedikit meringankan beban sanak saudara kita, seperti: Lansia, (pengasuh) anak yatim/piatu, penyandang disabilitas, dan keluarga yang kurang beruntung secara ekonomi,” jelas Hendriko ketika ditemui saat membagikan sembako.

“Selain memberikan paket sembako Minggu Berbagi, Relawan STAK juga mendampingi keluarga kurang mampu yang berobat ke Rumah Sakit. Mulai dari pendampingan pengurusan administrasi yang belum lengkap, hingga membantu meringankan biaya keluarga pasien yang menunggui di Rumah Sakit,” sambung Irwan Tanjoeng, S.Pd.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua BAMUS Nagari Kajai, bahwasanya kegiatan kemanusiaan seperti ini harus didukung penuh oleh pemerintah dan lapisan masyarakat. Relawan STAK yang sudah terbentuk hampir satu tahun ini, berawal dari anak-anak muda yang peduli akan nagari.

Adapun dana yang disalurkan itu berasal dari donasi yang dibuat melalui penggalangan dana di media sosial. “Alhamdulillah, respon masyarakat (terutama yang kurang mampu) cukup baik. Tinggal lagi meningkatkan kesadaran bersama untuk mendukung kegiatan ini. Sebab, donatur tetap kita baru beberapa orang perantau.” Begitu penjelasan Rudi EL.

Tentu, besar harapan kita kegiatan ini dapat support juga dari pemerintahan dan masyarakat kategori mampu, untuk ikut berkontribusi menyisihkan sedikit rezekinya. Harapan kita di Nagari persiapan Simpang Timbo Abu Kajai: Perangkat Nagari, Kepala Jorong, PNS, Pegawai Kontrak, pedagang, dsb. Bisa pula ikut menyisihkan sedikit rezeki untuk kegiatan ini.

Di akhir pertemuan dengan tim Relawan STAK. Joel Pasbar, penulis asal lereng Talamau yang tengah menunggu penerbitan buku keempatnya ini mengatakan. “Sejatinya, membantu dan memberi itu bukan karena kaya. Tapi sebab kita tahu dan mengerti, bagaimana rasanya hidup kurang mampu dan tak punya apa-apa.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *