Pemkab Tanah Datar Sambut Baik Rencana “IKPT” Renovasi Masjid dan Layanan Kesehatan

  • Whatsapp

TANAH DATAR | SHOOTLINENEWS.COM — Partisipasi dan dukungan perantau dalam pembangunan menjadi daya dorong pemerintah daerah mewujudkan visi dan misinya.

Keinginan ini yang disampaikan pengurus Ikatan Keluarga Perantau Turawan Jakarta Raya (IKPT Jaya) saat silaturahmi dengan Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di salah satu rumah makan di Jakarta, Sabtu (13/02/2021).

Turut mendampingi, Ketua TP PKK Ny. Retri Zuldafri Darma, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Perangkat Daerah terkait, Camat Rambatan Liza Martini serta Ketua Ikatan Keluarga Galogandang M Gindo Dt. Sinato

H. Osri Patra salah seorang tokoh perantau Turawan Nagari III Koto Kecamatan Rambatan yang didampingi Ketua IKPT Jaya H. Dori Murpid mengatakan masyarakat Turawan yang diinisiasi perantau akan melakukan renovasi kembali bangunan masjid Taqwa Turawan.

“Melihat kondisi masjid Taqwa yang saat ini sudah berumur lebih kurang 40 tahun, kita akan membangun kembali masjid di lokasi yang sama dengan tujuan agar lebih baik sehingga beribadah semakin nyaman dan khusyuk,” ucap H. Osri.

Lebih lanjut H. Osri katakan rencana ini sudah mendapat persetujuan dan dukungan dari unsur ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang dan tokoh pemuda.

Selain itu H. Osri menyampaikan rencana pembangunan tempat layanan kesehatan di Jorong Turawan.

“Perantau bersama masyarakat ingin membangun kembali atau merehab polindes yang sudah ada menjadi lebih representatif yang kemudian akan dihibahkan kepada pemerintah daerah, dengan harapan dapat ditingkatkan statusnya sehingga masyarakat bisa mendapat layanan kesehatan yang lebih baik lagi,” sampainya.

Bupati Zuldafri Darma menyambut baik dan mengapresiasi langkah dan niat baik masyarakat Turawan khususnya perantaunya.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi masyarakat dan perantau Turawan yang begitu kompak dan bersama-sama membangun daerah ke arah yang lebih baik,” ungkap Zuldafri.

Disampaikannya, pembangunan tidak hanya menjadi tugas pemerintah tetapi butuh dukungan dan keterlibatan pihak swasta dan masyarakat khususnya perantau.

“Apa yang direncanakan hari ini berarti sudah membantu pemerintah mewujudkan visi misi pembangunan baik pembangunan fisik maupun non fisik agar Tanah Datar menjadi sejahtera. Kami mendukung penuh dan pemerintah daerah siap berkomunikasi apa yang bisa difasilitasi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki,” tuturnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Edward yang hadir pada kesempatan itu menyambut baik rencana ini.

“Khusus untuk membangun sarana kesehatan, sesuai apa yang disampaikan bapak bupati, pemerintah daerah tidak akan mampu membangun seluruh fasilitas publik tanpa dukungan unsur lain seperti swasta dan partisipasi masyarakat. Pada prinsipnya kami mendukung penuh rencana pembangunan layanan kesehatan yang lebih representatif termasuk peningkatan status layanan dengan mempedomani peraturan menteri kesehatan yang sudah ada,” urainya.

Untuk pelaksanaan nanti, sampai Edward jika akan dihibahkan ke pemerintah daerah perlu dipastikan legalitas formal lahan sehingga pemerintah daerah tidak menyalahi aturan yang ada untuk pengalokasian anggaran.

Sementara Camat Rambatan Liza Martini memaparkan pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Rambatan khususnya Nagari III Koto.

“Untuk mempermudah akses masyarakat dan mengembangkan potensi pariwisata, sudah dilakukan pembukaan jalan Turawan – Panta dan Turawan – Puncak Kode, dan nanti dilanjutkan dengan tahap pengerasan. Ini akan masuk RPJM Nagari untuk diprioritaskan,” sampai Liza Martini.

“Nagari III Koto punya potensi wisata alam yang luar biasa termasuk potensi lokasi olahraga out door seperti sepeda gunung. Kita juga terus dorong objek Aua Sarumpun agar semakin maju. Selain itu sektor perekonomian, kita usulkan ke pemkab untuk pelatihan pembuatan keramik atau gerabah di Galo Gandang,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *