Pilwana Pasaman Barat Serentak Bakal Digelar Juli Mendatang

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT | SHOOTLINENEWS.COM — Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat – Sumbar bakal melakukan pemilihan walinagari (Pilwana) serentak pada Juli 2021 mendatang.

Pemilihan itu dilakukan karena seluruh masa jabatan walinagari di Pasaman Barat telah habis. Saat ini kepala pemerintahan nagari dikepalai oleh pejabat walinagari yang ditunjuk oleh pemerintah daerah.

“Sudah saat nya dilakukan Pilwana, karena kita menimbang semua masa jabatan kepala walinagari sudah habis,” sebut Kepala Bagian Pemerintah Nagari Jon Wilmar, Kamis, (18/2).

Ia mengatakan ada 19 pemerintahan nagari di Pasaman Barat dan saat ini semua nya dipimpin oleh pejabat walinagari (Pj). Untuk pihak nya perlu melakukan Pilwana.

“Kalau tidak di bulan Juli atau di bulan Agustus 2021. Persiapan dari segi anggaran pun sudah dipersiapkan,” kata Jon Wilmar.

Menurutnya anggaran persiapan itu disediakan mulai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat nagari. Untuk ditingkat kabupaten seputar sosialisasi pilwana.

Kemudian undang-undang pilwana, regulasi, peninjauan, sosialisasi perda pilwana kepada calon walinagari. Sedangkan untuk di nagari anggaran juga telah dipersiapkan.

Ia juga menjelaskan dalam pilwana mendatang tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19, baik di tempat pemungutan suara (TPS) maupun saat sosialisasi di nagari.

“Karena masih pandemi COVID-19, standar protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Ya, seperti pemilihan kepala daerah serentak yang baru saja digelar,” jelasnya.

Jon Wilmar juga mengungkapkan dalam menjelang pilwana serentak mendatang sudah banyak nama-nama calon walinagari yang mulai mencuat, baik nama lama dan nama pendatang baru.

“Yang lebih penting bagaimana menjaga masyarakat, agar tidak tidak terpecah-belah karena pilwana ini. Calon kan sudah mencuat, saya sarankan untuk menjaga ketertiban,” pintanya.

“Setiap calon, harus bisa menjaga ketertiban dan keamanan selama pilwana. Jangan karena pilwana masyarakat menjadi terkotak-kotak karena beda dukungan,” sambungnya.

Untuk diketahui ada 19 pemerintahan nagari di Pasaman Barat yakni Nagari Kinali, Nagari Koto Baru, Nagari Kapa, Nagari Sasak, Nagari Lingkuang Aua, Nagari Aia Gadang, Nagari Aua Kuniang.

Kemudian Nagari Kajai, Nagari Talu , Nagari Sinuruik, Nagari Muaro Kiawai, Nagari Rabi Jonggor, Nagaru Sungai Aua, Nagari Ujung Gading, Nagari Parit, Nagari Batahan, Nagari Desa Baru dan Nagari Air Bangis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *