Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE Hadiri Pertemuan Seluruh Raja Se Pagaruyung di Istana Silinduang Bulan

  • Whatsapp

DHARMASRAYA | SHOOTLINENEWS.COM — Menjelang memasuki Bulan Suci Ramadhan orang nomor Wahid di Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.SE, menghadiri acara pertemuan seluruh raja – raja Se- Pagaruyung, di Istana Silinduang Bulan Pagaruyung Darul Qorror, minggu (4/4/21).

Acara pertemuan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar Raja se-Pagaruyung menjelang bulan suci Ramadhan, dengan diadakan acara ini, hubungan antar raja – raja dapat terjalin dengan baik dan mempererat hubungan kekeluargaan.

Turut hadir Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar, Para Rajo – rajo Sapiah balahan Kuduang karatan Kapak radai timbang pacahan dari daulat Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qarral yang berjumlah 174 diberbagai daerah Seluruh Indonesia serta Bundo Kanduang.

Menurut Raja Pagaruyung, H. Sutan Farid Tayib, bahwa kegiatan ini adalah awal silaturahmi yang direncanakan dahulu, tapi karena terhalang Pandemi, maka baru hari ini dapat terlaksana.“Kita berharap kegiatan jalinan silaturahmi ini dapat terus kita lakukan setiap tiga bulan sekali. Sehingga hubungan kita dapat terus terjalin dengan baik, dan dapat mempererat silaturahmi kita antar raja raja di Istana Pagaruyung, ” harap Raja Pagaruyung.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska mengucapkan, terima kasih karena dirinya telah diundang dalam acara pertemuan silaturahmi tersebut, tahun ini kata Sutan Riska, adalah tahun yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya, karena pertemuan kali ini terlaksana dimasa Pandemi, yang mengubah tatanan kehidupan kita.

“Walaupun kita berada dalam masa pandemi, Alhamdulillah pertemuan silaturahmi ini dapat terlaksana. Sehingga hubungan kekeluargaan dapat terus mempererat hubungan antar raja, serta memperkuat persatuan Kerajaan Pagaruyung”, sampainya Sutan Riska.

“Selanjutnya, Sutan Riska menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi pemikirannya bahwa adat, agama dan Pemerintah dapat menjadi satu, jika kita memiliki visi yang jelas dalam mengangkat Harkat dan Martabat kaum adat di Minangkabau, sehingga masyarakat dapat melihat dan memberikan perhatian yang baik kepada kita, kita akan terus berupaya menunjukkan bahwa kita mampu memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat kita khususnya, dan masyarakat Sumatera Barat umumnya”, ucap Sutan Riska.

Dengan adanya pertemuan ini, Riska berharap dapat terbentuk wadah di Sumatera Barat untuk seluruh raja-raja yang ada di Pagaruyung agar dapat terus menjalin keakraban, kekeluargaan dengan hubungan silaturahmi, dan diharapkan wadah tersebut dapat terbentuk dengan baik, dan akan terlaksana secepatnya sehingga dapat memberikan kontribusi bagi Sumatera Barat.

“Dengan adanya wadah ini maka kita akan memperlihatkan kepada dunia luar, bahwa Minangkabau memiliki sesuatu yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Yaitu adat yang kita miliki saat ini, sehingga sesuatu yang luar biasa ini bisa kita banggakan dan kita perlihatkan kepada dunia luar, ” beber Bupati Dharmasraya dua periode.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra, menegaskan bahwa ia sebagai orang nomor satu di Tanah Datar akan mendukung penuh dan bertanggungjawab bahwa Kerajaan Minangkabau akan terus eksis dan dihargai dan dihormati oleh seluruh nusantara ini.

“Saya pribadi dan sebagai Bupati Tanah Datar akan terus membantu dan bertanggungjawab, untuk mendukung keeksisan Kerajaan Pagaruyung yang kita cintai ini. Sehingga dapat terus berkembang, dihargai dan dihormati oleh seluruh masyarakat di seluruh nusantara, ” ungkap Bupati Tanah Datar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *