Babinsa Koramil 07/PK, Serda Darta Hendra. M Hadiri Pembukaan Budidaya Sistem Hidroponik di Nagari Padang Toboh Ulakan

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | P. KAMBA — Dalam upaya menumbuhkan minat dan pengetahuan serta mengembangkan potensi diri bagi binaan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Padang Pariaman bersama Ibu Ibu PKK menggelar Pelatihan Budidaya Tanaman Sistem Hidroponik dalam kegiatan Pembinaan Kemandirian Klien Pemasyarakatan bertempat di nagari padang toboh ulakan Kecamatan ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman. Senin   (15/11/2021).

Turut hadir pada saat pembukaan pelatihan itu antara lain Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Kodim 0308 Pariaman, Bapak camat Wali Nagari beserta perangkat Nagari, Kasi PMD Kecamatan Ulakan Tapakih, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman, Ibu Ibu PKK Kecamatan Ulakan Tapakih.

Babisa koramil 07 pauh kambar Serda Darta Hendra.M dikonfirmasi membenarkan atas kegiatan itu,  Ia mengharapkan dengan diselenggarakannya kerjasama bersama DKP Kabupaten padang Pariaman ini dapat menambah ilmu pengetahuan serta minat peserta binaan untuk bercocok tanam khususnya sistem hidroponik.

“Diharapkan dengan melalui pelatihan ini selain ilmu yang didapat tapi juga bisa mendapatkan hasil yang bermanfaat bagi warga binaan, keluarga dan masyarakat lain terlebih ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu,  Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman dalam arahannya mengatakan bahwa ketahanan pangan mempunyai 3 unsur, yakni ketersediaan pangan, akses pangan dan kerawanan pangan.

“Ketersediaan pangan, akses pangan dan kerawanan pangan sesuai dengan tupoksi Dinas Ketahanan Pangan adalah terkait dengan ketersediaan pangan untuk keluarga melalui pemanfaatan pekarangan rumah atau kantor untuk mencukupi kebutuhan pangan disamping mencegah langka serta melonjaknya harga pangan di masyarakat,”

Pelatihan yang diselenggarakan ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari warga binaan dan juga dari Nagari Padang toboh ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih. Pelatihan terdiri dari materi dan praktek serta diaplikasikan langsung mulai dari pengenalan bahan – bahan pembuatan instalasi, pembuatan rangkaian hidroponik, cara penyemaian bibit serta mencampur dan membuat larutan nutrisi tanaman.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *