Bakamla RI Buka Round Table Discussion “Building Indonesia-Vietnam Maritime Partnership

  • Bagikan

Jakarta, Shootlinenews. Com
Jumat 26 November 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard)—Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Dr.Aan Kurnia yang diwakili Deputi Informasi Hukum dan Kerja sama (Inhuker) Bakamla Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga Suardika resmi membuka kegiatan Round Table Discussion melalui video teleconference di Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/11/21).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kedutaaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Diplomatic Academy of Viet Nam (DAV). Acara dikemas dalam bentuk forum diskusi interaktif dan mengangkat tema tentang “Building Indonesia-Vietnam Maritime Partnership”.

Dalam amanat pembukaan Laksda I Putu Arya Angga S mengatakan, kerja sama antara Indonesia dan Vietnam telah terjalin sejak lama dan terus mengalami peningkatan dengan adanya plan of action untuk implementasi kemitraan strategis antar kedua negara yang mencakup berbagai bidang kerja sama salah satunya adalah kerja sama di bidang keamanan dan keselamatan maritim.

“Kerja sama bilateral di bidang kemaritiman terimplementasi dengan terjalinnya kerja sama antara Bakamla RI dan Vietnam Coast Guard yang ditandai dengan penandatanganan letter of intent (loi) pada 23 agustus 2017 tentang peningkatkan kerja sama di bidang capacity building dan pertukaran informasi antar kedua lembaga,” tegas Deputi Inhuker.

Di tengah suasana pandemi Covid-19, Bakamla dan Vietnam Coast Guard tetap melanjutkan implementasi kerja sama di bidang peningkatan kapasitas seperti dilaksanakannya Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) dan capacity building for HACGAM yang juga dihadiri oleh personel Vietnam Coast Guard sebagai peserta aktif pada kegiatan tersebut. “Kami ucapkan terima kasih atas partisipasi Vietnam Coast Guard pada kedua kegiatan tersebut,” ujarnya.

Lanjut Deputi Inhuker, dalam waktu dekat kami akan mengundang Komandan Vietnam Coast Guard Mayor Jenderal Le Quang Dao untuk dapat menghadiri pertemuan lanjutan “South East Asia Commanders Coast Guard Meeting” yang akan dilaksanakan secara tatap muka di Indonesia pada awal bulan Februari 2022. “Untuk itu kami harapkan partisipasi dari komandan Vietnam Coast Guard pada kegiatan tersebut,” ucap Deputi Inhuker menutup sambutannya.

Sebelum dibuka kegiatan Round Table Discussion diawali dengan sambutan kehormatan (keynote speech) dari H.E. Mr. Mahendra Siregar, Vice Minister for Foreign Affairs of the Republic of Indonesia dan H.E. Mr. Vũ Quang Minh, Deputy Minister of Foreign Affairs of the Socialist Republic of Viet Nam.

Turut mendampingi Deputi Inhuker yakni Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M Latief, Kepala Seksi Kerja sama Multilateral dan Organisasi Internasional Letkol Bakamla Fenny Sefhirany, S.S., Kepala Seksi Kerja Sama Bilateral dan Regional Letkol Bakamla Agustina Pamelya Puji A., S.E., M.M., dan staf Kerja sama Lettu Bakamla Citra Dewi Lestari, S.S.(Humas Bakamla RI)

Autentikasi: Kabag Humas Bakamla RI Kolonel Bakamla Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *