Datuak IB: Rakorbang Memberdayakan Masyarakat Untuk Merencanakan Dan Menentukan Kebutuhan Pembangunan di Daerahnya

  • Bagikan

PADANG | Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM Mengatakan Rakorbang Pada Hakekatnya Memberdayakan Masyarakat Untuk Merencanakan Dan Menentukan Kebutuhan Pembangunan di Daerahnya.

Ketua DPD LPM Kota Padang mengatakan pada hakekatnya yang tahu dengan kebutuhan pembangunan di suatu daerah adalah masyarakat di daerah itu sendiri. Jika masyarakat itu yang menentukan dan merencanakan kebutuhan pembangunan di daerahnya maka pembangunan itu akan tepat sasaran dan tidak akan terhalang atau menemui masalah dan pemerintah hanya tinggal menganggarkan dan melaksanakannya.

Rakorbang ( Rapat Kordinasi Rencana Pembangunan) adalah agenda rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Apa yang direncakan untuk pembangunan di tahun yang akan datang akan dibicarakan di tahun sekarang. Pelaksanaan pembangunan sekarang adalah perencanaan tahun sebelumnya. Jadi masyarakat bisa melihat, apa-apa saja usulan tahun kemaren yang akan direalisasikan di tahun ini. Dan usulan yang sudah terealisasi atau yang akan dilaksanakan di tahun ini jangan lagi diusulkan dalam Rakorbang ini. ” kata Irwan Basir dalam sambutannya pada acara Rakorbang Kelurahan Ganting Parak Gadang Kecamatan Padang Timur pada Selasa, 11/1/2022.yang langsung dibuka oleh Camat Padang Timur Siska Meilani, S.STP. MS.i

Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan diberdayakannya masyarakat untuk ikut merencanakan dan menentukan kebutuhan pembangunan di daerahnya tak lain adalah agar masyarakat merasa lebih memiliki proyek yang dikerjakan itu. Pelaksanaannya juga tidak terhalang karena itu adalah proyek masyarakat yang pemanfaatannya adalah untuk masyarakat sendiri.

“Pelaksanaan pembangunannya melibatkan semua unsur masyarakat. Melibatkan tokoh-tokoh didaerahnya, tokoh agama, pemuda, ibu-ibu PKK. Pokoknya segala potensi yang ada dimanfaatkan agar tercipta kebersamaan dan pemanfaatannya juga secara bersama sama pula. Merasa sama-sama memiliki ” terang tokoh kharismatik ini lagi.

Irwan Basir juga menyinggung tentang data BDT yang sampai sekarang masih banyak kesalahan. Untuk itu kepada ketua RT atau RW supaya dapat memperbikinya lagi. Data yang salah juga berimbas kepada bantuan yang salah. Yang pantas menerima tidak mendapat bantuan dan yang tidak pantas, justru menerima bantuan. Ini sering terjadi. Ini yang harus kita perbaiki supaya tidak ada kecemburuan sosial dimasyarakat dan riak-riak nantinya.

Sementara itu, Camat Padang Timur Siska Meilani, S.STP. M.Si. dalam sambutannya mengatakan kalau selama ini banyak usulan-usulan yang dia lihat terfokus kepada kegiatan-kegiatan phisik saja dan sedikit sekali non phisik.

” Jika saya perhatikan, dalam setiap Rakorbang banyak usulan usulan yang hanya terfokus kepada kegiatan phisik saja. Sedikit sekali kegiatan non phisik. Padahal pembangunan non phisik juga sangat penting. Pelatihan-pelatihan misalnya atau kegiatan ibu-ibu PKK atau generasi muda. Jadi pembangunan non phisik ini juga harus diperhatikan oleh ketua RW dan RT dalam mengusulkan rencana pembagunan di daerahnya. ” ujarnya.

Selain itu, Camat Siska Meilani juga menyampaikan Program unggulan pemerintah Kota Padang terutama dalam penambahan ruang belajar. Jika memang ada kebutuhan penambahan ruang kelas belajar dari pihak sekolah, segera usulkan. Ini bertujuan agar dalam penerimaan murid baru dapat diakomodir oleh pihak sekolah karena setiap tahun pasti terjadi kelonjakkan pendaftaran murid baru.

Lurah Ganting Parak Gadang Syafrius dalam laporannya menyampaikan, kalau Rakorbang ini pelaksanaannya sudah di dimulai dari tingkat bawah yaitu Rembuk warga. Aspirasi masyarakat dalam rembuk warga itu sudah direkap dan dibahas dalam Rakorbang ini untuk menentukan skala prioritas yang akan diusulkan di Rakorbang Kecamatan Padang Timur.

” Saya berharap kepada bapak -bapak Anggota DPRD untuk mengawal nantinya agar usulan dari masyarakat kelurahan Ganting Parak Gadang yang diprioritaskan untuk dilaksanakan dapat teralisasi nantinya” ucap Syafrius, Lurah yang dari mudanya aktif dalam organisasi KNPI ini.

Hadir dalam acara Rakorbang yang dipandu oleh Ketua LPM Ganting Parak Gadang ini, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Evi Yandri, Anggota DPRD Kota Padang Muhidi, ketua Rt dan Rw se-Kelurahan Ganting Parak Gadang, tokoh masyarakat dari berbagai organisasi dan undangan lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *