Deteksi Dini Gangguan kamtib, Petugas Lapas Kls III Dharmasraya Lakukan Pengecekan Teralis Besi Kamar Hunian WBP

  • Bagikan

DHARMASRAYA | SHOOTLINENEWS.COM — Jajaran pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Dharmasraya lakukan kontrol keliling, perawatan rutin gembok, dan rolling gembok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kegiatan ini dipimpin Kepala Kesatuan Pengamanan Ka. KPLP, Lapas Dharmasraya Juwanda Metria.S.IP, di dampingi Karupam III berserta jajarannya sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib), Sabtu (01/05/21)

Sementara itu, sebanyak 15 gembok Blok Hunian yang terdiri dari 10 kamar hunian, 2 kamar mapenaling (karantina), 1 sel dan 2 gembok pos komandan jaga, selain itu, sebelum digunakan kembali dilakukan pengecekan terhadap kelayakan gembok, seperti memastikan tidak ada gembok yang rusak dan tidak layak pakai,untuk gembok yang rusak ringan terlebih dahulu diupayakan Perbaikan dan gembok yang rusak berat dilakukan penggantian dengan yang baru.

“Selanjutnya, Rolling gembok kamar hunian ini merupakan kegiatan rutin yang kami laksanakan, guna deteksi dini gangguan kamtib, kami tidak pernah tahu apa yang sedang dipikirkan WBP di dalam blok hunian, untuk mencegah Penduplikatan kunci oleh warga binaan (WB), maka rolling gembok secara berkala ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan,” ungkap Juwanda.Di tempat terpisah Kepala Lapas (Kalapas ) Kls III Dharmasraya Ahmad Junaidi.Amd.IP.SH, menegaskan pentingnya deteksi dini gangguan kamtib sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, berbagai upaya, seperti rutin razia kamar hunian, rolling, dan perawat gembok, perawatan senjata, kontrol keliling lapas terus ditingkatkan guna mencegah timbulnya gangguan kamtib.

“Lebih lanjut, Kalapas Dharmasraya Ahmad Junaidi juga menyampaikan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Kls III Dharmasraya sampai saat ini mencapai  235 orang , padahal kapasitasnya hanya untuk 100 orang, tentu sudah melebihi kapasitas atau overt kapasitas”, sampainya kalapas itu.

“Namun, Kalapas Ahmad Junaidi beserta jajaran rutin mengadakan razia untuk mengatasi gangguan keamanan, khusunya barang terlarang seperti, Narkoba, HP, Senjata tajam dan sebagainya.

adapun selain itu, kalapas juga memberikan hak-hak napi, baik itu remisi lebaran seperti PB. CB, maupun asimilasi dirumah bagi warga binaan pemasyarakatan.

“jadi agar napi menjadi semangat dan patuh untuk mematuhi segala peraturan yang ada di lapas, sehingga warga binaan pemasyarakatan (WBP) di dalam Lapas Kls III Dharmasraya menjadi Aman dan tentram dalam melaksanakan hukumannya di dalam lapas, semoga Lapas Kls III Dharmasraya selalu dalam keadaan aman dan terkendali,” harapnya Junaidi.

Dari pantauan, seluruh petugas tampak membersihkan, mengecek, serta memasangkan gembok dengan teliti. (*)

#Kamtib
#KemenKumhan
#KamiPasti
#KanwilSumbar
#PastiRancak
#LapasDharmasraya

Penulis: BAMBANG S | KABIRO DHARMASRAYAEditor: BS358
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *