Hanya satu di Sumbar, BPBD Padang Pariaman menerima bantuan peralatan WRS New G dari BMKG

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | PARIAMAN — BPBD Kabupaten Padang Pariaman merupakan satu satunya tahun 2021 ini menerima bantuan dari BMKG Pusat berupa peralatan Peringatan Dini ancaman resiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami, yaitu Warning Receiver System (WRS) New Generation. Proses perakitan dan pemasangan peralatan ini dimulai sejak awal Juli 2021 kemaren, dan Instalisasi final perangkat lunaknya serta mulai beroperasinya pada tanggal 19 Juli 2021. Peralatan ini ditempatkan di Pusat Pengendaian Operasi (PUSDALOPS) BPBD Kabupaten Padang Pariaman.

WRS New Generation merupakan peralatan menerima informasi secara real time 24 jam kejadian Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami berupa Smart Display. Data yang diterima peralatan ini langsung dari BMKG Pusat untuk seluruh wilayah Indonesia secara umum dan khusus juga untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Budi Mulya, ST, M.Eng. menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BMKG Pusat yang telah membantu Peralatan WRS New Generation ini, tentunya dengan adanya peralatan ini akan membantu BPBD dan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan Mitigasi dan pengurangan dampak resiko ancaman bencana Gempa Bumi dan Tsunami, apalagi wilayah pesisir pantai masih menjadi ancaman serius bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang bersumber dari Megathrust Mentawai, ujar Budi.

Dengan adanya peralatan WRS New Generation ini, akan menjadi terintegritas dengan peralatan Early Warning System (EWS) Tsunami milik BPBD Kabupaten Padang Pariaman yang tersebar di sepanjang pesisir pantai.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *