Ingin Kenal Istiadat Aceh Tamiang Sekolah Inspirasi Sowan Ke MAA

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | Aceh Tamiang — Ketua Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Tamiang beserta jajarannya menerima sowan Aksi Anak Kelas Berani Tampil Sekolah Inspirasi, jum’at (29/10), di gedung MAA setempat.

Sowan mereka ke Kantor MAA bagi Drs. Abdul Muin dirasa begitu istimewa, sebab kegiatan ini dilakukan untuk berbagi pengetahuan mengenai adat istiadat Bumi Muda Sedia, guna wujudkan generasi muda yang cinta adat istiadat dan budaya.

“Sowan Aksi anak ini, perdana di MAA. Kami sangat senang. Dengan begitu kami bisa memperkenalkan adat-istiadat yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah aktivitas masyarakat, agar anak-anak didik yang ada di sekolah Inspirasi paham akan adat-istiadat yang berlaku dari masa lalu hingga kini”, ungkap Muin.

Di hadapan para anak Aksi, Abdul Muin tidak lupa memberikan sekilas informasi tentang silsilah Raja Tamiang. Tidak hanya itu, cagar budaya sebagai wujud eksistensi sejarah kerajaan, adat istiadat dan budaya disampaikan kepada mereka dengan tujuan menambah khazanah pengetahuan Adat Istiadat Aceh Tamiang.

“Dalam informasi perkembangan Aceh Tamiang saat ini, ada juga beberapa tokoh yang ikut memekarkan Aceh Tamiang menjadi Kabupaten”, terangnya.

Akhiri sesi berbagi bersama anak Aksi, Muin berharap sowan ini memberikan manfaat besar bagi peserta didik dalam mengenal Adat Istiadat Bumi Muda Sedia yang ke depan menjadi generasi penerus bangsa memimpin negeri ini.

“Kepada para Pengurus dan Dewan Guru Sekolah Inspirasi kami ucapkan terimakasih atas atensi dan kontribusi yang begitu besar dalam mendidik anak-anak, sehingga memiliki karakter yang mandiri, kreatif dan inovatif”, tutup Muin.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya-jawab oleh peserta didik Sekolah Inspirasi. Mereka bertanya seputar adat istiadat yang masih berjalan di Aceh Tamiang, bagaimana cara menjaga dan melestarikan adat istiadat, nama Raja Tamiang sampai kepada makanan khas Aceh Tamiang.

Menariknya dalam kegiatan ini, peserta didik sebagai penanya terbaik diberikan hadiah oleh MAA sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi mereka dalam keingintahuan tentang Aceh Tamiang secara mendalam.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian plakat penghargaan dari Sekolah Inspirasi kepada MAA dan penyematan pin oleh MAA kepada Dewan Guru dan kemudian foto bersama

Hadir dalam acara ini para pengurus dan jajaran MAA para Dewan Guru dan Anak-Anak didik Sekolah Inspirasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.