Jatuh Dari Kendaraan Bermotor, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bantu Obati Warga Perbatasan

  • Bagikan

Sambas, Kalbar – Ratman (55) salah satu warga Dusun. Sungai Tengah, Desa. Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas, mendatangi Pos Sungai Tengah Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns untuk berobat akibat terkena terjatuh dari kendaraan motor yang mengakibatkan luka sobek di bagian kaki, tangan dan pipi yang cukup serius.

Kejadian tersebut, ketika Ratman akan berangkat ke kebun menggunakan kendaraan bermotor karena jalanan licin sehabis hujan mengakibatkan tergelincir dan jatuh. Akibat luka sobek yang cukup besar pada kaki, tangan dan pipi, Tamtama Kesehatan pos Sungai Tengah, Pratu Jalaludin menangani pasien yang mengharuskannya untuk menjahit luka.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Kamis (25/11/2021).

Dansatgas mengatakan, selain menjaga perbatasan NKRI, Satgas Pamtas juga harus bisa membantu kesulitan masyarakat yang berada di disekelilingnya. Terutama yang berada di dekat tapal batas negara, sulit mencari tenaga medis di daerah tersebut.

“Salah satu tugas kita di daerah perbatasan yaitu menolong dan membantu warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” kata Dansatgas.

“Kami memiliki 29 Pos yang tersebar di tiga Kabupaten, masing-masing Pos di dalamnya terdapat petugas kesehatan, sehingga harapannya, selain untuk merawat dan mengobati sesama personel Satgas, Petugas Kami juga dapat membantu masyarakat sekitar,” ujar Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Sungai Tengah Sertu Chandra mengatakan bahwa pada saat datang ke Pos Sungai Tengah kaki dan tangan korban sudah mengalami pendarahan yang lumayan parah, sehingga tim kesehatan pos segera menyiapkan peralatan medis untuk mengobati luka korban dengan mengambil tindakan awal membersihkan luka korban.

“Setelah lukanya dibersihkan dan diperban, selanjutnya korban diberikan obat anti nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi guna mempercepat penyembuhan pada lukanya,” ungkap Danpos.

Sementara itu, warga yang merupakan korban luka robek pada kakinya Bapak Ratman (55) menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada bapak-bapak Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Pos Sungai Tengah karena sudah menolongnya, pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bapak-bapak tentara sangat ramah dan sangat cepat memberikan pertolongan kepada kami.

“Saya sangat berterima kasih sekali kepada bapak TNI yang telah menolong saya,” ujarnya.

(Pen Satgas Pamtas 643)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *