Kekisruhan Saat Panitia Tim 11 melaporkan penetapan BPD Bandungrejo

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | Demak —  Terjadi Kekisruhan saat Tim 11 Pengisian Anggota BPD melaporkan hasil pemilihan BPD Desa Bandungrejo, Senin 20 /09/ 2021 bertempat di Balai desa Bandungrejo Kecamatan Mranggen kabupaten Demak.

Sebelumnya rapat berjalan dengan baik, namun setelah ketua Tim 11 Khabib menyampaikan laporan proses pengisian BPD dan menyerahkan hasil ke kepala Desa, terjadi interupsi oleh panitia keterwakilan dukuh/RW, mereka mempertanyakan prosesnya.

Menurut ketua RW III, Sarno mengungkapkan pelaksanaan dari tahap pendaftaran sampai pemilihan bahkan penetapan harus sesuai dengan regulasi yang diatur oleh pemerintah kabupaten baik perda maupun perbup.

“Contohnya masa tahapan pendaftaran bisa buka tutup, kayak jalan aja bisa buka tutup, padahal panitia kan sudah ada jadwal tahapan”ujar Sarno.

Sedangkan Ketua RW IV Sutanto menanyakan kepada Kepala Desa bagaimana proses pembentukan Tim 11 pengisian Anggota BPD walaupun itu sebenarnya hak kepala desa,kami menanyakan prosesnya.

Tanto menanyakan alasan mengapa di panitia perwakilan tidak memperoleh Surat Keputusan dari kepala desa, padahal SK itu sebagai pedoman panitia di tingkat dukuh/RW bekerja,
Proses tahapan tidak taat asas seperti yang diungkapkan RW III tadi sehingga kami meragukan hasilnya. Tegas Tanto.

Selanjutnya RW II, Sukardi menegaskan kami menolak hasil pemilihan yang berasal dari RW II, karena anggota yang menjadi bukan perwakilan dan aspirasi dari RT dan RW.

“Kami mempertayakan kenapa berita acara pemilhan perwakilan RW II bisa hilang, kami mau mengecek kenapa usulan dari RW yang awalnya 3 menjadi 5 orang”pinta ketua RW II
Menanggapi hal yang terjadi, Kepala Desa Bandungrejo, Sri Hartini menyatakan bahwa saya tidak tahu menahu tentang prosesnya, semuanya sudah saya serahkan ke Tim Panitia 11.

Sri Hartini menambahkan bahwa proses pemilihan BPD adalah kompetisi, jadi ada yang kalah dan ada juga ada yang menang, sehingga yang kalah harus legowo, ujar kepala desa.

Hingga akhir rapat, Laporan penetapan Calon Anggota BPD terpilih desa Bandungrejo Periode 2021/2027 belum bisa dilaksanakan karena kisruh.

(Spyd/Nur)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *