Kombes Pol Sambodo Dukung Penegakan Hukum Berbasis E-TLE

  • Bagikan

MABES POLRI | DKI JAKARTA — Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo perlahan akan menghapus penindakan sanksi tilang di jalanan. Program Listyo Sigit sebagai pemegang komando Polri akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau elektronik tilang (ETLE) .

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mendukung program penegakan hukum berbasis elektronik seperti tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan menghilangkan sistem penilangan di jalan.

“Kami siap mendukung kebijakan Bapak (Calon) Kapolri. Terutama untuk moderenisasi Polantas, kami menyambut gembira terhadap kebijakan bahwa ETLE menjadi salah satu prioritas Kepolisian,” ujarnya kepada awak media Rabu (20/01/2021).

Dijelaskannya, penerapan ETLE yang telah ditempatkan 53 kamera di wilayah DKI Jakarta cukup efektif dan menumbuhkan sikap disiplin masyarakat dalam berkendara.

“Efektivitasnya (tingkat keberhasilan) sangat efektif, di titik-titik yang terdapat ETLE itu secara data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disiplin masyarakat. Dilihat dari jumlah pelanggaran yang tercapture (tertangkap) oleh kamera,” jelasnya

Dia pun tak menutup kemungkinan apabila penggunaan tilang elektronik ini bisa menggantikan fungsi tilang secara langsung. Lantaran, konsep tilang elektronik pun telah diterapkan di berbagai negara.

“Iya bisa saja (diterapkan), toh diluar negeri dan di beberapa negara maju penindakan sudah seperti ini (ETLE),” pungkasnya.

Penulis: KHNZA | KORLIP JABODETABEKEditor: BMW
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *