Korem 091/ASN Gelar Penanggulangan Bencana Banjir Kota Samarinda

  • Bagikan

SAMARINDA.Shootlunenews.com
Kota Samarinda adalah daerah yang rawan terhadap bencana banjir. Dimana penyebab banjir permasalahan banjir di Kota Samarinda terjadi akibat berlebihnya limpasan permukaan dan tidak tertampungnya limpasan tersebut dalam badan sungai sehingga air meluap.

Ada dua faktor yang menyebabkan banjir di Kota Samarinda yang pertama, Faktor alam seperti tingginya curah hujan, topografi wilayah, pasang surut air sungai Mahakam, dan lain-lain. Dan yang kedua, adalah manusia, utamanya bersumber pada unsur pertumbuhan penduduk akan diikuti peningkatan kebutuhan infrastruktur, pemukiman, sarana air bersih, pendidikan, serta layanan masyarakat lainnya.

Selain itu pertumbuhan penduduk akan diikuti juga kebutuhan lahan usaha untuk pertanian, perkebunan, maupun industry. Sumber genangan (banjir) di Kota Samarinda khususnya yang dampaknya pada aktivitas masyarakat dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu, Akibat Pasang Sungai Mahakam.yang pertama Bajir Kiriman, yang kedua Bajir Lokal, dan Yang ketiga adalah Banjir Akibat Pasang Sungai Mahakam.

Ini yang dilakukan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar Briefing Latihan Penanggulangan Bencana Alam (LATGULBENCAL) banjir TA. 2021. Kegiatan briefing koordinasi kesiapan latihan dilakukan seluruh peserta latihan bertempat di Lapangan Kompi Senapan A Yonif 611/Awang Long Jl. Apt Pranoto Kec. Samarinda Seberang Kota Samarinda Kaltim, Senin (15/11/2021).

Latihan yang dilaksanakan ini mengambil tema ”Latihan Penanggulangan Bencana Alam TA 2021” dan diikuti 375 orang selama 5 hari.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro.SIP.M.Si. didampingi Kasrem 091/ASN Kolonel Inf. Triyono,S.Sos mengatakan Latihan yang akan dilaksanakan sekarang ini hendaknya tidak dipahami sebagai kegiatan rutin dalam rangka melaksanakan program latihan, akan tetapi harus dipahami sebagai kebutuhan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas Prajurit dan Satuan secara kelembagaan didalam menjawab tantangan tugas ke depan.

”Latihan ini dapat menjadi modal dasar bagi unsur atau komponen yang terkait dengan Satgas Penanggulangan Bencana Alam (PBA), sesuai dengan tuntutan tugasnya dalam menanggulangi dan mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul sewaktu-waktu di wilayah Kalimantan Timur. Setiap unsur atau komponen Satgas PBA memiliki peranan yang sangat penting dan strategis, sehingga setiap individu harus mampu melaksanakan tugasnya dengan profesional dan proporsional”, jelasnya.

Danrem juga menambahkan ”Latihan ini semakin bernilai strategis, jika dihadapkan dengan tugas yang diemban oleh Korem 091/ASN sebagai Satuan Teritorial yang secara fungsional bertanggung jawab menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan pertahanan negara maupun kepentingan pembangunan nasional di daerah”.

Danrem juga mengingatkan, “Kita ketahui bersama sampai saat ini Pandemi Covid-19 belum berakhir, untuk itu saya mengingatkan selama pelaksanaan kegiatan ini tetap laksanakan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan”.

Hadir dalam Briefing dan apel gelar Latgulbencal diantaranya Para Kasi Korem 091/ASN, Dandim 0901/Smd, Kol. Inf Oni Kristiyono Goendong, Dan / Kabalak Aju Korem 091/ASN dan Kepala BPBD Kota Smd, Suwarso.

Latihan ini juga melibatkan BPBD Prov. Kaltim, BPBD Kota Samarinda, Dinas Sosial Prov. Kaltim, Dinkes Prov. Kaltim, Basarnas, PLN, DLH Prov. Kaltim Pol PP kota Samarinda, PDAM kota Samarinda dan PMK kota Samarinda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *