KPU Kabupaten Bantaeng Menggelar Rapat Koordinasi DPB

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | Bantaeng —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng menggelar Rapat Koordinasi Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), Rabu 22 September 2021 di Aula Husni Kamil Manik Kantor KPU Kab. Bantaeng.

Ketua KPU Kabupaten Bantaeng Hamzar mengatakan, rapat koordinasi DPB yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu sarana untuk mengoordinasikan proses pemutakhiran Data Pemilih kepada semua pihak, dimana Rakor dilaksanakan setiap triwulan, sebagaimana arahan KPU RI.

Menurutnya, baik sementara tahapan pemilu berlangsung ataupun tidak berlangsung, pemutakhiran DPB ini harus tetap terlaksana tiap bulannya.

“Ada tahapan atau tidak ada tahapan Pemilu atau Pilkada, KPU berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran daftar pemilih secara berkelanjutan,” kata Hamzar, saat membuka Rapat Koordinasi DPB di Aula Husni Kamil Manik, Rabu 22 September 2021.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Bantaeng Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Kasmawati mengatakan Pemutakhiran DPB bertujuan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar di data pemilih, pemilih yang sudah memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih Kabupaten/Kota secara berkelanjutan.

“Kegiatan ini dilakukan guna mempermudah proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu dan pemilihan berikutnya,” ucap Kasmawati.

Kasmawati menambahkan KPU Kabupaten Bantaeng telah melakukan koordinasi bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, TNI, Polri, Kemenag, Cabang Pendidikan Wilayah V, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa/Kelurahan dan stakeholder lainnya.

“Proses pemutakhiran DPB membutuhkan kolaborasi dengan semua stakeholder. Kami juga berharap masyarakat dapat mensupport (terlibat aktif) dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan,” tambahnya.

Hadir dalam Rakor DPB tersebut, Kapolres Bantaeng yang diwakili oleh Kasat Intelkam, Saharuddin, DANDIM 1410 Bantaeng yang diwakili Kasdim, Khofiden, Kepala Dinas PMD, PP, PA, Ahmad Yani Muis, Kepala Dinas Dukcapil, Ali Imran, Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat Kemenag Bantaeng, Sopyan Yasri, Kepala Seksi Pembinaan SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Abdul Sattar, Perwakilan direktur RSUD Anwar Makkatutu, Suwardi, Ketua Bawaslu Bantaeng, Muhammad Saleh, Komisioner Bawaslu Ningsih Purwanti, Perwakilan Satgas Covid 19 dan perwakilan beberapa partai politik.

Penulis : Asrllsym

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *