Kuansing Bacarito Sukses Gelar Pacu Jalur Fantasy 2021

  • Bagikan

KUANSING | SHOOTLINENEWS.COM — Pacu Jalur Fantasy yang diadakan oleh Komunitas Kuansing Bacarito menjadi topik pembicaraan hangat bagi masyarakat Kuantan Singingi terutama di kalangan milenial Kuansing.

Pasalnya kegiatan ini menjadi pelampiasan bagi masyarakat untuk menikmati euforia festival pacu jalur yang ditiadakan karena pandemi covid 19.

Ditambah lagi apresiasi untuk para pemenang juga tidak tanggung-tanggung, berupa uang tunai, tonggol juara dan Piala.

Pada event Pacu Jalur Fantasy 2021 ini memperebutkan piala bergilir dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau. Melalui turnamen ini masyarakat dapat mengobati kerinduan terhadap tradisi Pacu Jalur yang ditiadakan akibat pandemi COVID-19.Pacu Jalur Fantasy merupakan sebuah turnamen daring tradisi Pacu Jalur yang menggunakan sistem voting dalam menentukan pemenang.

Seluruh masyarakat dapat berpartisipasi memenangkan jalur (perahu) favoritnya dengan syarat mempunyai akun instagram.

Jalur yang mendapatkan nilai vote tertinggi akan melaju ke babak selanjutnya hingga ke babak final.
Pada tahun 2020 lalu, Pacu Jalur Fantasy diadakan pertama kali dan mendapat respon positif dari masyarakat pecinta pacu jalur, sehingga pada tahun ini kembali digelar dan mendapat antusias yang tinggi.

Menurut Dzikri Maulana, Ketua Kuansing Bacarito. Partisipan pada tahun ini sangat ramai melebihi tahun lalu.

Bahkan akun kami @kuansingbacarito sempat down dan ditegur oleh pihak lnstagram karena menunjuk kan insight kunjungan yang tidak wajar, semoga kegiatan ini bisa sedikit mengobati” perasaan rindu masyarakat pada budaya pacu jalur” kata Dzikri sambil tertawa.
Pembina Kuansing Bacarito, Drs. Napisman, juga menyebut bahwa “Event ini membuat kita tidak lupa dengan tradisi Pacu Jalur, karena sudah hampir 2 tahun lamanya Festival Pacu Jalur tidak diselenggarakan”.

Jika Pacu Jalur yang asli tidak bisa diselenggarakan, maka inilah cara kreatif dari Komunitas Kuansing Bacarito agar menghibur masyarakat Kuansing untuk merasakan keseruan Pacu Jalur, tambah beliau.

“Dinas Pariwisata Provinsi Riau mendukung penuh”

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, S.STP., M.Si. sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Komunitas Kuansing Bacarito. Dalam event ini, Dinas Pariwisata Provinsi Riau menjadi salah satu sponsor utama dan menyerahkan Piala Bergilir kepada Komunitas Kuansing Bacarito agar selanjutnya event ini tetap dilaksanakan rutin untuk mengapresiasi ide kreatif ini. Dalam acara penutupan yang digelar hari Minggu (02/05/2021) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat atau dengan sapaannya Wak Mamat, mengharapkan agar selanjutnya Pacu Jalur Fantasy ini melakukan pembaruan dan inovasi setiap tahunnya, “bahkan kalau bisa suatu saat nanti dibuat seperti permainan-permainan di Android atau Playstation”, tutup beliau.

Penulis: ZAIDINA HAMZAH | LMP SUMBAREditor: RANK DJAMBAK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *