LATIHAN FUNGSI KOMLEK TINGKATKAN PROFESIONALITAS PRAJURIT

  • Bagikan

Jakarta, 7 September 2021, Shootlinenews.com Satya Wira Jala Dharma. Peran serta komunikasi dalam operasi-operasi TNI Angkatan Laut akan dapat mendukung keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas operasi.

Oleh karena itu perlu sosialisasi dan pelatihan buku isyarat manuvra armada (BIMA) 01 dan isyarat manuvra generasi elekronik (IMAGE) untuk digunakan sebagai dasar dalam melaksanakan komunikasi taktis antar unsur unsur KRI.

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya kegiatan untuk peningkatan keampuan dan profesionalisme personel komunikasi KRI maupun pendirat dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengoperasikan peralatan komlek dan menguasai prosedur komunikasi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Kolonel Laut (E) Gesit Pratiknyo saat membuka Latihan Fungsi Komunikasi triwulan III tahun 2021 di Gedung Laut Sulu, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (7/9).

Lebih lanjut dijelaskan, pelatihan ini untuk untuk meningkatkan kualitas personel komunikasi yang handal guna mendukung kegiatan operasi dan latihan.

“Para peserta latihan telah diberikan materi latihan baik secara teori maupun praktek. Latihan proskomtis isyarat manuvra armada dan isyarat manuvra generasi elekronik” tutur alumni AAL angkatan 42 tahun 1996 ini.
Pelatihan radio barret tahun 2020 ini diikuti oleh 60 Prajurit komunikasi dan elektronika ABK KRI jajaran Satlinlamil Jakarta dan staf Diskomlek Kolinlamil dengan beberapa personel menggunakan video conference.

Latihan berlangsung selama enam hari mulai 6 – 12 September 2021.

Selain itu, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan operasional personel pengawak dan alat peralatan Komlek serta terjalinnya Interoperability Komlek TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas operasi Matra Laut.

Senada dengan hal tersebut, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menginstruksikan jajaran Kolinlamil untuk terus berlatih meningkatkan profesionalisme sebagai Prajurit matra laut yang sarat dengan Teknologi.

“Prajurit Matra Laut harus adaptif dengan Teknologi. Sebagai pengawak alutsista yang sarat dengan Teknologi harus terus mengikuti perkembangan Teknologi yang ada. Jangan lelah Berlatih, tetap sungguh -sungguh dan tingkatkan Kemampuan diri” ujar Panglima Kolinlamil menegaskan. (Dispen Kolinlamil)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *