Lintau 9 Koto Mendapatkan Pelayanan Samsat Keliling Empat Kali Dalam Sebulan 

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS COM | TANAH DATAR – Memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat, Samsat Kabupaten Tanah Datar sediakan Bus Keliling yang secara bergilir berkunjung ke wilayah kecamatan.

Kepala Kasi Penagihan dan Penerimaan Samsat Batusangkar Awaluddin Jamin,S.Sos.MM pada FAKTAHUKUM86.COM , Rabu (21/07/21) menerangkan bahwa, dengan disediakannya bus keliling maka warga yang ingin mengurus pembayaran pajak tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat. Selain Itu, upaya tersebut juga menekan calo-calo yang berkeliaran di sekeliling,Dan Memutus Mata Rantai Covid-19 yang masih menyebar di Indonesia Khususnya Tanah Datar dan Sumatera Barat .

Awaluddin menjelaskan untuk sementara waktu Samsat Tanah Datar masih menggunakan Bus Samsat Keliling Milik Kota Padang Panjang, Awaluddin telah berkoordinasi dengan Pemda Tanah Datar untuk pengadaan mobil Operasional Samsat Keliling Tanah Datar Alhamdulillah Bapak Bupati Tanah Datar Eka Putra menanggapinya dengan baik dan akan mengganggarkan dana APBD untuk pengadaan mobil Dinas Samsat Keliling nantinya , sebelumnya Bus Samsat Keliling yang ada tersebut mangkal di tiap kecamatan pada hari yang berbeda setiap harinya guna melayani warga yang ingin membayar pajak kendaraan.

“Bus keliling tersebut sudah cukup lama kita sediakan supaya bagi yang mungkin tidak sempat ke kantor Samsat bisa bayar ke bus keliling saja. Saat di melaksanakan Samsat Kelilingi Awaluddin di dampingi oleh Bribda Rio Ekaputra Regiden Satlantas Polres Tanah Datar dan Vinder Firdaus Staf Kasi Penagihan Samsat Tanah Datar UPTD PPD Batusangkar

untuk warga tinggal menyiapkan persyaratan seperti yang biasa disiapkan,” katanya.

Awaluddin menyampaikan, bus keliling yang standby setiap harinya akan berada disetiap kecamatan. Bus akan berada pada titik pusat keramaian di hari yang sudah ditentukan supaya masyarakat bisa langsung menuju bus tersebut.

“Di tiap kecamatan itu ada beberapa titik yang berbeda setiap minggunya. Misalnya Kecamatan Lintau Buo Setiap Hari Rabu Minggu Pertama dan Keempat bertempat di kantor Wali Nagari Pangian dan di kecamatan Lintau Buo Utara Setiap hari Kamis Minggu Pertama dan Keempat bertempat di Lokasi Bank BRI Balai Tangah .Jelas Awaluddin.

Kemudian untuk kecamatan lainnya yang cukup luas juga akan dibagi titiknya. Namun ada juga yang satu titik saja untuk beberapa Kecamatan yang rasanya dapat terjangkau secara keseluruhan,” terang Awaluddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Vinder Firdaus Staf Kasi Penagihan Samsat Tanah Datar UPTD PPD Batusangkar Ia menuturkan, selebaran berupa informasi jadwal bus keliling sudah disebar di mana bus berada. Termasuk di kantor Samsat supaya dapat diketahui oleh orang banyak untuk disampaikan ke kerabatnya.

“Kita berharap dengan adanya bus keliling masyarakat tidak lagi punya alasan untuk tidak membayar pajak ataupun tidak tepat waktu. Jelas Finder

Finder juga menjelaskan bagi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan pada Samsat Keliling,harus membawa persyaratan seperti :

1. Identitas Pemilik yang sah

2.STNK Asli

3.BPKB Asli dan Bukti lainya .

Dan tujuan dari Samsat Keliling ini adalah meningkatkan mutu pelayanan publik,khususnya pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ) di Kabupaten Tanah Datar .Tutur Finder.

Arpelt salah seoarang wajib pajak yang berdomisili di Balai Tangah Lintau Buo Utara terlihat sedang antri untuk menunggu giliran namanya di panggil oleh petugas Samsat Keliling,saat ditemui oleh media mengatakan merasa mendapatkan manfaat atas keberadaan Mobil Samsat Keliling ini,apa lagi bagi warga yang mempunyai banyak kesibukan dan tidak sempat untuk datang ke Kantor Samsat yang ada.Adanya Samsat Keliling ini mempermudah warga khususnya Lintau Buo dan Lintau Buo Utara dan Umumnya warga yang ada di Kabupaten Tanah Datar, yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK,seperti saya sebagai seorang guru di salah satu Sekolah di Kecamatan Lintau Buo ini.Harapan semoga pelayanan Samsat Keliling ini di tambah jadwalnya untuk kecamatan Lintau 9 Koto yang hanya empat kali selama satu bulan menjadi enam kali dalam satu bulan.Kata Arpelt.

Penulis: ROMA FITRA | KORLIP Editor: RF3P
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *