Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442H, Kaum Kampung Rajo Adakan Tradisi Goro Pandam Dan Surau

  • Bagikan

TANAH DATAR | SHOOTLINENEWS.COM — Saruaso, 27 Maret 2021. Menjelang memasuki bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi tradisi kaum pasukuan kampuang rajo, jorong Saruaso Barat Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas setiap tahunnya adalah gotong royong membersihkan pandam pakuburan dan surau kaum setiap tahunnya.

Seluruh pemuda-pemudi,anak kemenakan,rang sumando dan andeh-andeh menyatu dalam kegiatan ini. Kegiatan Gotong royong biasanya dipenuhi canda dan tawa,saling berbagi cerita yang memperlihatkan bagaimana kehidupan orang dikampung, Finder firdaus salah seorang pemuda dari pasukuan kaum kampuang rajo mengungkapkan, tradisi ini perlu dijaga dan dilestarikan karna dengan adanya kegiatan seperti ini seluruh warga kaum dapat berkumpul dan dapat membahas hal-hal yang menyangkut kaum kita kedepannya.

Asriwan Dt.pangulu rajo yang juga datuak kepala kaum kampuang rajo yang didampingi oleh Yonefis motui dan juga Paduko Tuan mengatakan tradisi kami ini bentuk kebersamaan dalam menjaga silaturahmi dan juga saling bermaafan antara mamak tungganai rumah beserta bundo kanduang dengan anak kemenakannya dan saling menjaga hubungan baik antara bako dan anak pisang.
Acara goro ini ditutup dengan makan bersama dan diakhiri dengan berdoa semoga kedepannya anak kemenakan kami diberikan kesehatan dan kesuksesan dan dapat memberikan sumbangsihnya untuk kemajuan kaum.
Penulis: FDR69Editor: REDAKSI TD
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *