Mohammad Ihsan Ketua FORKAVBI Terpilih Siap Membantu Pemerintah Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

  • Bagikan

DKI JAKARTA | SHOOTLINENEWS.COM –– Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Anak Betawi (DPP Forkabi) Mohammad Ihsan menyampaikan beberapa program prioritas yang sudah disiapkan sebagai solusi bagi kemajuan organisasi kedepannya terlebih di tengah kondisi pandemi.

“Tidak bisa kita pungkiri, kondisi pandemi yang kita hadapi satu tahun terakhir ini, sangat berdampak diberbagai bidang ditengah masyarakat Karena itu program yang akan kita prioritaskan juga disesuaikan dengan kondisi terkini,” kata Ihsan kepada media usai pelantikan Pengurus DPP FORKABI di Cilandak Jakarta Selatan, Hari Minggu (2/5/2021 ).

Lebih lanjut Ihsan menjelaskan, yang pertama adalah dimasa pandemi ini, kita harus membantu pemerintah guna menyukseskan program vaksinasi. Karena itu, saya akan menghimbau kepada seluruh anggota Forkabi se Jabodetabek untuk mensukseskan program vaksinasi nasional.

Kedua, Forkabi adalah ormas kedaerahan, tentunya saya juga akan merangkul ormas-ormas kedaerahan lainnya untuk bersinergi dan bersama membangun kota Jakarta menjaga kondusifitas wilayah se jabodetabek.

“Sekarang bukan jamannya, saling menunjukkan eksistensinya, karena ormas itu tujuannya baik, yaitu untuk membangun kesadaran dan jiwa kebangsaan melalui ormas. Jadi saya ingin merangkul semua ormas yang ada di sejabodetabek untuk bersatu dan bersama-sama membantu pemerintah. Itulah visi misi saya di Forkabi ini,” jelasnya.

Mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berakhir, dan kita bisa laksanakan rekapri ekonomi. Lankunyanlahi, jika pertumbuhan ekonomi kita, bisa mencapai 6% – 7% lagi, itu adalah hal yang paling penting, karena jika ormas sejahtera, rakyat sejahtera, kriminalitas bisa berkurang dan kekacauan juga bisa berkurang. Semua dasarnya dari ekonomi.

Ditambahkannya bahwa salah satu motto kita, jangan hidup di organisasi atau mencari hidup di organisasi tetapi mari kita hidupkan organisasi. Artinya kita sebagai kader organisasi, jangan cari makan di organisasi tetapi bagaimana kita menghidupkan dan membesarkan organisasi kedepan dengan mencurahkan tenaga, pikiran dan kreatifitas kita untuk kemajuan dan kebesaran organisasi Forkabi kedepan. “Jika ini yang dilaksanakan, Insya Allah, Forkabi kedepan semakin berkembang dan lebih besar lagi,” tegasnya.

Ihsan juga mengatakan bahwa susunan kepengurusan DPP Forkabi periode 2021-2026 ditempatkan kader lama 60% dan 40% kader baru. Ini bagian pengkaderisasian di dalam tubuh organisasi Forkabi.

“Kaderisasi sangat diperlukan sehingga terjadi penyegaran guna memberikan peluang dan kesempatan kepada kader yang memiliki kemampuan serta rasa tanggungjawab untuk kebesaran organisasi Forkabi,” ujarnya.

”Forkabi merupakan ormas lintas partai, Karena itu, saya berharap, Forkabi sebagai Candradimuka nya kader. Ketika orang betawi ingin berpartai dan dia juga ada di Forkabi, maka intelektualitas terhadap pemahaman organisasinya semakin kuat sehingga ketika di partai politik dia bisa bersaing secara sehat,” terangnya.

Saya tegaskan, Forkabi tidak ada dualisme kepemimpinan. Jika ada beda paham itu adalah dinamika berorganisasi. Intinya, Kita tetap akan melakukan konsolidasi karena mereka juga saudara kita.

Dijelaskan Ihsan bahwa berorganisasi itu dasarnya UU NO 17 /2015 tentang keorganisasian. Inilah yang menjadi payung organisasi dengan dua fungsi utamanya yaitu Depdagri melalui SKT dan SK Menhumkam. Keduanya sudah kita miliki sehingga jelas legalitas.

Dikesempatan itu, Ihsan juga menyampaikan bahwa memasuki musim mudik lebaran tahun ini, mari kita patuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik. Saya mengajak saudara kita yang dari luar daerah dan tinggal di Jakarta untuk mematuhi anjuran pemerintah agar tidak terjadi cluster mudik yang dampaknya penanganan Covid tidak terwujud secara maksimal. “Ayo kita berlebaran di Jakarta bersama-sama kaum Betawi dan FORKABI,” tutupnya.

Dipenghujung acara, Ketum DPP FORKABI memberikan cenderamata kepada Perwakilan Pemkot DKI Jakarta, Perwakilan Polda Metro Jaya, Perwakilan Pangdam Jaya, Perwakilan Kemendagri, Ketua Lembaga Budaya Betawi, Rektor ISTA Jakarta, Ketua Masyarakat Sulawesi Selatan, Ketua Masyarakat Tionghoa, Ketua Bamus Betawi 1982 dan H Nurdin Halid Ketua Dekopin Nasional.

Pelantikan pengurus DPP FORUM KOMUNIKASI ANAK BETAWI “FORKABI” periode 2021-2026 digelar di Gedung Menara 156 Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (02/05/2021). Dengan latar belakang kain warna hitam terpampang serta poster foto Ketum DPP FORKABI Dan Sekjen serta fotk Para pendiri FORKABI dan para Ketua DPD FORKABI se Jabodetabek menghiasi panggung utama di lokasi pelantikan.

Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) FORKABI periode 2021 -2026, dihadiri Ketua Majelis Pertimbangan Tinggi (MPT) DPP FORKABI Mayjen TNI Purn H Nachrowi Ramli, SE, Ketua Umum DPP FORKABI Mohammad Ihsan,SH, Sekjen DPP FORKABI H Anwar Albatawie, Bendahara Umum H Hamzah,SH,M,Hum, para stakeholder mulai dari Perwakilan Pemkot DKI diwakili Wasbangpol, Perwakilan Polda Metro Jaya, Pangdam Jaya melalui perwakilannya, perwakilan Kemendagri, Ketua Lembaga Budaya Betawi (LBB), Ketua Masyarakat Sulawesi Selatan, Ketua Masyarakat Tionghoa, Ketua BAMUS Betawi 1982, H Nurdin Halid ketua Disiplin Nasional dan para sesepuh, jajaran pengurus DPP, DPD sejabodetabek.

Babe Eddi M Nalapraya Pendiri Bamus Betawi 1982 dan juga Majelis Adat Bamus Betawi 1982 menitip pesan kepada pengurus yang dilantik, bahwa tahun 1982 ormas yang ada sekitar 15 – 20 an, termasuk majelis terjalinnya. Sekarang udah lebih 100 an dan Organisasi kedaerahan terbesar di Jakarta adalah Forkabi.

“Mengapa Jakarta ditunjuk sebagai Ibukota, karena di sini berjiwa agamais, penuh toleransi dengan semua suku yang ada. “Selamat bekerja dan mudah – mudahan masyarakat betawi merasakan jerih payah anda dalam mengabdi bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

H Zainuddin disapa H. Oding Ketua Bamus Betawi 1982 juga menyampaikan, mari kita jagalah budaya betawi tetap hidup jangan sampai terlupakan. Budaya Betawi bukan hanya dilestarikan tetapi dikembangkannya, bekerjasama dengan stakeholder. Karena itu, kita jaga NKRI dan Forkabi tidak boleh diam untuk menjaga NKRI.

“Sekali lagi ,kita semua harus solid, bersatu dan bermartabat, kalau sekarang masih ada yang berserakan, ini jadi tugas pengurus baru untuk ditarik kembali agar bersatu. Jangan lakukan sesuatu yang menghinakan diri,” tegasnya.

Penulis: KHNZA | KORLIP JABODETABEK Editor: RF3P
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *