Musdes Khusus Penetapan Pendataan SDG Dan Hasil IDM Tahun 2021 Desa Bulucindea

  • Bagikan

PANGKEP| SHOOTLINENEWS.COM Pemerintah Desa Bulucindea laksanakan Musyawarah desa khusus penetapan pendataan SDGs dan hasil IDM tahun 2021 Desa Bulucindea, Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan kepulauan, berlangsung di Baruga Kantor Desa,  Rabu, 14/7/2021.

Peserta Musdes terdiri dari para anggota BPD, Kepala Dusun, RK dan RT, Tim pendata SDGs, serta para tokoh masyarakat, yang diikuti dengan seksama, sukses dan aman sesuai protokoler kesehatan.

Bertindak sebagai fasilitator dan Nara sumber, pejabat Kepala Desa Tamrin, S.Pd, M.Si, Ketua DPD yang sekaligus memimpin Rapat H. Muksin, pendamping TA PM, Nasruddin (Koordinator), Mardini, pendamping Desa Ika Sukersih dan A. Halijah, perwakilan Dinas PMD Ibu Maya Nurbaya, SE Kasi Usaha Ekonomi Desa, Babinkamtibmas Aiptu Drs. M. Bakri, Babinsa Sertu Muh. Hasbih.

Sebagaimana disampaikan pendamping TA PM, pelaksanaan musdes penetapan SDGs Desa tahun 2021 ini masih penetapan penting kan nanti akan satu data, dan dari data data SDGs nanti akan dimasukkan dalam aplikasi penetapan atau pendataan, memberikan rekomendasi Kepada Desa dan pemerintah Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan desa nanti, hasil pendataan nanti ini akan membuat peta jalan desa sampai tahun 2030.

“Kemudian ada juga pemutakhiran ditahun 2021, pemutakhiran ini ada dua tujuan yang pertama adalah untuk penentuan pagu anggaran dana desa, jadi nanti hasil penetapan atau pemutakhiran data ini, nanti akan menjadi acuan oleh kementerian keuangan dalam menyusun paru-paru dana Desa Tahun 2022, di samping itu juga pemutahiran ide ini juga adalah untuk menentukan desa dan hasil pada hari ini telah melalui pemutakhiran dan IDM 2021, Desa Bulu cindea adalah status Desa berkembang,” menurutnya.

Oleh perwakilan DPMD Maya Nurbaya disampaikan bahwa kami dari DPMD terkait penetapan pendataan yang di sini yang ada di Kabupaten Pangkep kami sangat mendukung apalagi kami mengetahui bahwa melalui ini masyarakat akan terbebas, artinya terbebas dari kemiskinan, pendidikan, Desa berkualitas dan mungkin masih banyak poin-poin yang yang dapat menguntungkan masyarakat seperti itu.

Lanjut Maya, terkait juga dengan hasil itu indeks desa desa kami juga sudah menyampaikan kepada Desa bahwa melalui program pemerintah ini dengan adanya pendekatan SDGs sangat membantu masyarakat mungkin seluruh Indonesia terkhusus masyarakat yang ada di desa-desa.

Sementara Pejabat Kades Tamrin mengatakan, terkait dengan SDGs ini adalah merupakan satu langkah maju bahwa pemerintah punya niatan untuk memperbaiki data di mana kita tahu bahwa data ini sangat penting karena menjadi acuan, jadi dalam menyusun perencanaan sehingga kita berharap Ke depan dengan data yang sudah ditemukan dari teman-teman pendata ini salah satu perencanaan kita akan lebih bagus.

“Kita berharap ketimpangan data selama ini bisa diluruskan dan kalaupun misalnya ada selisih data dan acuan data yang kita gunakan dari ucapin itu berbeda mudah-mudahan kemudian bisa kita dapatkan jejaknya sehingga ada jawaban yang pasti, sehingga ujungnya kita bisa memutuskan bahwa data ini seperti ini selisihnya bisa kita pertanggungjawabkan.” Tutupnya.

Penulis: TIM BIRO PANGKEP Editor: SHD
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *