Musrenbang Desa Biringere Wadah Transparansi, Partisipatif, Demokratis

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM–PANGKEP— Musyawarah perencanaan pembangunan Desa (Musrenbang Desa) dalam rangka penetapan RKP Desa Tahun Anggaran 2022 dan daftar usulan RKP Tahun Anggaran 2023. Pemerintah Desa Biringere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep.

Meski sangat sibuk dan tak dapat mengikuti musrenbang Plt. Kepala Desa H. Muh. Ramli, S.Sos tetap memantau jalannya Musrenbang yang berlangsung di Gedung Aula pertemuan Kantor Desa Biringere, Selasa 16 November 2021.

Musrenbang dipimpin oleh Sekdes Biringere Aras Agung Eka Kanul, S.Pd dengan Nara sumber dari Bappeda Kabupaten Pangkep Muh. Taqwin, Sekcam Bungoro Hj Odawati, Puskesmas Bungoro Mappa Sabolla, SKM, Ketua BPD Desa Biringere H. Albert Harsa.

Musrenbang dihadiri oleh Perwakilan Bappeda, Kecamatan, Puskesmas, PLD Mangilu Sudirman, S.Sos, Pendamping Desa Ma’rang A. Halijah, PD Minasatene Ikawati Sukersi, Ketua BPD dan jajaran, para RK, RT, Kepala Dusun, petugas kesehatan/PKM, Poskesdes, pengelola KB, para guru dan Stakeholder berkepentingan lainnya.

Ketua BPD H. Albert Harsa mengatakan bahwa sebagai lembaga menerima masukan atau usulan dari masyarakat.

Ketua BPD H. Albert berharap, sekiranya usulan masyarakat itu bisa dikerjakan oleh Pemerintah Desa Tahun 2022 ada 12 usulan yang diprioritaskan untuk dana desa dan alokasi Dana Desa soalnya punya pagu sumber dananya cair maka kami BPD saran agar pemerintah Desa betul-betul mengerjakan usul masyarakat sesuai dengan dana yang ada.

Sementara menurut Sekdes Biringere Aras Agung Eka Kanul, disampaikan, kalau di daftar usulan itu yang diprioritaskan didaftar sudah 2023 itu dan ini selalu bertulang tiap tahun ini Jalan poros Desa perbaikan Jalan poros desa dan perbaikan bronjong Desa ini tidak bisa diakomodir oleh Pemerintah Desa makanya diajukan ke musrembang Kecamatan mengenai usulan-usulan di tingkat Desa ada beberapa yang yang yang menjadi fokus tadi di antaranya poskesdes PAUD dikmas pembangunan pembangunan sumur dan item item lainnya ini yang akan ini tadi teman-teman usulan ini sudah di di ranking dan akan dipentaskan untuk dikerjakan di tahun depan di Tahun 2022.

Sedangkan kepala Plt Kepala Desa H. Muh. Ramli, S.Sos, mengatakan agar betul-betul melaksanakan musrembang dengan baik agar proses dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan pembangunan hasil musrembang ke depan dapat berjalan secara efektif dan seefisien mungkin.

Kades H. Ramli berpesan, oleh sebab itu semua komponen agar jadikanlah musrembang ini sebagai wadah dalam menyalurkan aspirasinya sebagai hak mereka didalam melibatkan diri secara partisipasi, transparansi dan demokrasi dalam pelaksanaan pembangunan.

Penulis: TIM BIRO PANGKEPEditor: H Edo
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *