Pangkoarmada I Pimpin Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal I Belawan

  • Bagikan

Jakarta, Shootlinenews.cpm
Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., memimpin acara Pengambilan Sumpah, Penandatanganan Pakta Integritas Serah Terima Jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Belawan di Ruang Matjan Kumbang Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021).

Tongkat Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan akan berpindah kepemimpinan seiring serah terima jabatan Komandan Lantamal I dari Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso kepada Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, S.E., CHRMP.

Dalam amanatnya, Pangkoarmada I mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak maju. Pergantian pejabat merupakan wujud kepercayaan dari pemimpin TNI Angkatan Laut yang juga merupakan proses regenerasi untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan, serta memperkaya pengalaman, sehingga diharapkan nampu mengemban setiap tugas yang secara profesional demi kemajuan organisasi.

Penyerahan tongkat komando dan pataka pada pelaksanaan serah terima jabatan tersebut merupakan simbol dari proses estafet kepemimpinan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan yang merupakan jabatan pada komando pelaksana dukungan di lingkungan Koarmada I, dengan tugas menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi unsur-unsur TNI Angkatan Laut, membina potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan keamanan Negara di bidang maritim serta tugas lain berdasarkan kebijakan pimpinan TNI AL.

“Wilayah kerja Lantamal I sangat strategis, meliputi perbatasan wilayah barat Indonesia dengan negara tetangga dan lalu lintas pelayaran internasional Selat Malaka.” kata Pangkoarmada I.

“Dengan strategisnya wilayah kerja Lantamal I ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pemegang Komando di Lantamal I. Situasi dan kondisi di perairan Selat Malaka mempunyai dampak pada stabilitas keamanan nasional dan internasional. _Security & Prosperity_ merupakan bagian yang tak terpisahkan, dimana kepercayaan dunia terhadap Indonesia akan tumbuh seiring dengan situasi keamanan yang kondusif di perairan yurisdiksi Nasional Indonesia,” pungkasnya.

Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, S.E., CHRMP., yang sebelumnya menjabat sebagai Paban II Jemen Srenal selanjutnya akan meneruskan kepemimpinan Lantamal I Belawan, dimana wilayah kerja Lantamal I berada di tiga Provinsi yakni Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darusalam dan Riau yang membawahi Lanal jajaran yakni, Lanal Sabang, Lanal Lhokseumawe, Lanal Dumai, Lanal Tanjung Balai Asahan, dan Lanal Simeulue./Red. Sri R

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *