Paripurna Penyampaian Dan Penandatanganan Laporan Hasil Pembahasan Rancangan Awal RPJMD

  • Bagikan

SOLOK | SHOOTLINENEWS.COM — Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab Solok, Jumat 11 juni 2021. Rapat dipimpin Oleh Wakil Ketua Ivoni Munir dan Wakil Ketua Lucki Efendi. Turut dihadiri oleh Bupati Solok Epyardi Asda, Anggota DPRD Kab. Solok, Plt Sekda Edisar, Forkopimda, Plt Sekwan Muliadi Marcos, Dan SKPD Pemkab Solok.

Etranedi,S.Kep menyampaikan bahwa DPRD Kabupaten Solok sebagai lembaga Representasi dari Masyarakat yang Memiliki Fungsi Pembentukan Peraturan Daerah,Fungsi pengawasan dan Fungsi Penganggaran,maka sebagai tanggung jawab DPRD Kabupaten Solok kepada masyarakat atas yang telah terwakilkan, DPRD Kabupaten Solok secara Langsung harus turut Berpartisipasi di dalam Pembahasan dan persetujuan setiap program dan kegiatan yang akan berdampak pada kehidupan masyarakat banyak dan Berdampak kepada Pembebanan anggaran daerah.

Sebagai Manifestasi tanggungjawab DPRD di dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya merupakan suatu Tugas bagi DPRD Kabupaten Solok untuk Membahas Rancangan Awal Rencana Pembangunan Menengah Daerah Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 sebagaimana yang di amanatkan di dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata cara perencanaan, Pengendalian  dan Evaluasi Peraturan Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Hasil Pembahasan Pada prinsipnya Pansus I DPRD Kabupaten Solok menyetujui Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 untuk dilanjutkan dengan penyempurnaan kepada tahap berikutnya dengan catatan sebagai berikut :

1. Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 Harus Selaras dengan RPJPD Kabupaten Solok,  RPJMD Provinsi Sumatera Barat dan Rencana Pembangunan Nasional

2.Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 juga harus merencanakan Program dan Kegiatan sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan dan Taraf Hidup Masyarakat

3. Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 juga harus fokus pada Program dan Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan  Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

4.Rancangangan Awal RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 harus mampu menciptakan Pemerataan dan Peningkatan Infrastruktur yang berkeadilan, menjamin terciptanya kehidupan bermasyarakat yang kondusif sesuai dengan filosofi “Adat Basandi syara’, syara’ basandi kitabullah.

5. Rancangan RPJMD Awal  Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 juga harus merencanakan Strategi Pengelolaan Pemerintahan Yang Baik, Bersih, Transparant, Mengayomi dan melayani.

6 Nota Kesepakatan Antara Pemerintah Kabupaten Solok dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Solok tentang Rancangan Awal RPJMD menjadi dasar untuk Penyusunan Ranperda RPJMD  Tahun 2021-2026.

Laporan Pansus II Dibacakan oleh Yetty Aswaty,SH, Dari hasil Rapat Pansus II dengan Tim Penyusun RPJMD merekomendasikan Penyempurnaan kembali RPJMD Awal tahun 2021-2026, Perlu mengkaji ulang tolak ukur terhadap sasaran indikator dalam RPJMD Awal tahun 2021-2026,

Pada hakekatnya Pansus II DPRD Kabupaten Solok dan Tim Penyusun RPJMD Awal Kabupaten Solok Tahun 2021 – 2026 telah sepakat dan setuju untuk melanjutkan pembahasan RPJMD ketahap selanjutnya.

Laporan Pansus III Dibacakan oleh Mulyadi, Dari hasil Pembahasan PANSUS III Pada prinsipnya dapat menyetujui rancangan awal RPJMD Kab. Solok 2021-2026 dengan catatan untuk perbaikan Perlu Pengkajian ulang terhadap target awal ( Base Line) disetiap Indikator Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah tahun 2021-2026 dan Perlu Pengkajian Ulang terhadap Indikator Kinerja Program (Outcome) disetiap periode.

Penulis: IWAN DJ | KABIRO KAB. SOLOKEditor: RANK DJAMBAK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *