Perkuat Pertahanan Laut, Lanal Tarempa Selenggarakan Komunikasi Sosial Maritim*

  • Bagikan

Kepulauan Anambas, 15 November 2021,– Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla, secara resmi buka penyelenggaraan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) Tahun Anggaran 2021, kegiatan dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam sambutannya, Danlanal Tarempa menyampaikan bahwa Kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) ini merupakan salah satu tugas TNI Angkatan Laut dalam upaya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 pada pasal 9 dijelaskan bahwa salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

“Dihadapkan dengan perkembangan teknologi dan globalisasi sangat mempengaruhi stabilitas pertahanan dan keamanan suatu negara khususnya pertahanan laut. Hal ini tentu memberi pengaruh positif dan sekaligus berdampak negatif bagi pertahanan negara kita, untuk itu menghadapi tantangan tersebut khususnya kepada generasi muda dan anak bangsa perlu disiapkan dan memantapkan rasa nasionalisme sehingga tidak tergerus oleh pengaruh oleh kemajuan teknologi dan globalisasi,” ujar Danlanal Tarempa.

“Dengan demikian penyelenggaraan komunikasi sosial maritim merupakan salah satu kegiatan yang sangat efektif dan sederhana sebagai sarana mewujudkan kesamaan persepsi pola pikir dan pola tindak secara terpadu antara TNI pemerintah daerah dengan komponen bangsa guna memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara, khususnya pertahanan laut”, tambah Danlanal Tarempa.

Oleh karena itu, Lanal Tarempa melalui kegiatan Komsosmar dapat memberikan pemahaman secara dini kepada komponen pemerintah dan komponen bangsa serta upaya-upaya untuk menghadapi pengaruh globalisasi.

Kegiatan Komsosmar yang bertemakan “Sinergitas antar komponen bangsa di wilayah kerja Lanal Tarempa guna menyiapkan kondisi juang yang tangguh dalam menghadapi era globalisasi menuju Indonesia maju”,
dibuka langsung oleh Danlanal Tarempa dan dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kesra dan SDM, Wakil Ketua 1 DPRD Kepulauan Anambas, Waka Polres dan seluruh perwakilan Forkopimda plus Kabupaten Kepulauan Anambas, serta diikuti oleh lebih kurang 100 peserta yang terdiri dari satuan TNI/Polri, Staf Pemerintah Daerah terkait, Pemuda Pancasila, Aparatur Daerah, Organisasi Masyarakat dan Pelajar Tingkat SMA, serta Masyarakat Nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

(Pen Lanal Tarempa).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *