Perpustakaan Sulsel menggelar PLM Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | SINJAI — Perpustakaan Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Peer Learning Meeting (PLM) Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Senin – Selasa, 21-22 September 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 7 Kabupaten yaitu, Bone, Maros, Soppeng, Luwu Utara, Toraja Utara, Bulukumba dan Sinjai.

PLM merupakan ajang belajar dan bertukar pengalaman antar perpustakaan, memotivasi dan membangun kepercayaan diri untuk melaksanakan rencana kerja transformasi perpustakaan kabupaten maupun desa serta memperkuat proses mentoring dan monitoring perpustakaan Kabupaten dan Desa.

Kegiatan PLM dibuka oleh Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Sulawesi Selatan, Hasan Sijaya dan dihadiri oleh Kepala UPT dan Perpustakaan Bapak Abdul Hadi dari Perpustakaan Nasional.

Saat ini, Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai mendapat program dari Perpusnas untuk menggalakkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan literasi.

Perpustakaan Daerah sejak tahun 2020 mendapatkan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dan pada tahun 2021, 5 desa di Kabupaten Sinjai menjadi penerima manfaat yaitu Desa Barania, Desa Polewali, Desa Saohiring, Desa Kalobba dan Desa Sukamaju.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai dalam PLM Provinsi meraih peringkat ke 2 terbaik yakni, Perpustakaan Desa Makkawarue, Desa Saohiring meraih perpustakaan terbaik ke 2 dan Perpusdes Barania meraih perpustakaan terbaik ke 4.

Fasilitator Daerah Kabupaten Sinjai, Mirfayani Mirsal menjadi peserta terbaik bersama Plt. Kepala Desa Saohiring Bapak Rahmatullah Amir.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sinjai DR.Mansyur Siddik S.PD, M.SI sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak Terima kasih kepada Fasilitator Daerah dan ke 5 desa penerima manfaat TP BIS atas prestasi yang didapat pada kegiatan PLM ini.

“Selamat kepada Perpustakaan desa dan Fasilitator daerah yang mendapat prestasi pada PLM Provinsi Sulawesi Selatan, semoga bisa berlanjut sampai ke tingkat Nasional,” ucapnya

Dalam kegiatan PLM ini harapannya perpustakaan Desa semakin giat berkegiatan dengan melibatkan masyarakat untuk mensukseskan program TP BIS dengan tagline literasi untuk kesejahteraan

Laporan :imran

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *