PERWIRA KOLINLAMIL TERIMA PEMBEKALAN DOKTRIN PPKM

  • Bagikan

Jakarta, 6 Oktober 2021 – Shootlinenews.com Satya Wira Jala Dharma — Sejumlah perwira di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mendapat pembekalan tentang Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) yang disampaikan Perwira Sesko TNI Kolonel Laut (P) Arya Delano di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (6/10).

Menurut Dosen Sesko TNI ini kegiatan diadakan sebagai pembekalan bagi para perwira Kolinlamil berkaitan dengan berbagai latihan yang dilaksanakan Kolinlamil, gabungan TNI AL dan gabungan TNI. Selain itu juga, PPKM dilaksanakan guna meningkatkan dan menambah wawasan para perwira tentang proses pengambilan keputusan militer dalam perencanaan operasi militer.

“Para perwira harus diberi pembekalan tentang Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) dan Operasi Pendaratan Administrasi (Opsratmin) sebelum mereka melaksanakan latihan yang sesungguhnya” jelas lulusan AAL Angkatan 42 Tahun 1996 ini.

Dalam paparannya mantan Komandan Lanal Yogyakarta ini menyampaikan bahwa di dalam PPKM atau Proses Pengambilan Keputusan Militer tersebut meliputi bagaimana, kapan, apa yang diputuskan, apa resikonya, dan konsekuensi dari keputusan tersebut, PPKM ini sangat penting, karena apa yang diputuskan pada tahap tersebut sangat menentukan rangkaian kegiatan selanjutnya.

Aplikasi PPKM pada Kolinlamil, diterapkan di dalam Opsgab TNI, dimana peran Kolinlamil adalah sebagai Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) yang bertugas melaksanakan Operasi Pendaratan Administrasi (Opsratmin) bagi Kogasratgab, selanjutnya Kogasgabratmin itu sendiri dalam melaksanakan Opsratmin tidak dapat berdiri sendiri karena merupakan kelanjutan dari Opsfib.

Opsratmin pada dasarnya melaksanakan dukungan angkutan laut dan perlindungan linla bagi Kogasratgab dari Pangkalan awal ke DSA (tumpuan pantai). Maka PPKM Kogasgabratmin dalam merencanakan Opsratmin selalu dilaksanakan secara paralel dengan Komando Gabungan.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma mengatakan Pembekalan PPKM bagi perwira jajaran Kolinlamil untuk membekali para perwira dalam memahami proses pengambilan keputusan militer yang akan selalu menjadi bekal para perwira dalam setiap operasi dan latihan.

“Para perwira harus memahami betul proses pengambilan keputusan militer dalam suatu operasi dan latihan” ujar Panglima Kolinlamil menegaskan. (Dispen Kolinlamil)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *