Pola Orang Tua Asuh Sebuah Wujud Kebersamaan Dalam Kebhinekaan

  • Bagikan

KEDIRI | SHOOTLINENEWS.COM — Aktivis muda Papua Michael Jhon Yarisetouw yang akrab disapa MJ, menilai ide dan aksi yang dilakukan oleh Polda Jatim bersama jajaran polres-nya dalam menerapkan pola orang tua asuh bagi pelajar dan mahasiswa asal Bumi Cenderawasih telah mewujudkan kebersamaan dalam kebhinekaan.

“Ide dan aksi itu dalah sebuah wujud kebersamaan dalam kebhinekaan, salud buat Polda Jatim dan jajarannya,” kata MJ dalam pesan tertulisnya, Rabu (14/04/2021.

Menurut alumuni Universitas Cenderawasih yang intens dalam dunia literasi di ujung timur Indonesia itu, suatu ide yang luar biasa yang dilakukan oleh Polda Jatim untuk bersama merawat Kebhinekaan. Dimana Polda Jatim melalui polres jajarannya menjadi orang tua asuh bagi pelajar dan mahasiswa asal Papua yang sedang menuntut ilmu.

Suatu hal yang dapat kita lihat bahwa banyak adik-adik kita dari Papua yang keluar Papua untuk mengenyam pendidikan lanjutan. Terkadang mereka ini kurang pengawasan atau bimbingan dari orang tua maupun pemerintah daerah, karena terpisah jarak yang jauh,” katanya.

MJ yang terkenal kritis itu juga mengungkapkan bahwa pelajar atau pun mahasiswa asal Papua yang sedang mengejar cita-cita itu, kerap diperhadapkan dengan beragam persoalan baik dalam beradaptasi untuk sekolah, kuliah, pergaulan hingga menentukan kemana nanti akan bekerja.

“Apalagi adik-adik yang dikirim untuk melanjutkan sekolah ditingkat SMP dan SMA, bahkan ada yang SD sudah jauh dari orang tua, ini sangat rentan terpengaruh hal-hal buruk jika tak ada pengawasan dan bimbingan dari orang tua,” katanya.

Sehingga apa yang dilakukan oleh Polda Jatim dan jajarannya adalah ide baik melalui polres menjadi orang tua asuh bagi pelajar dan mahasiswa dari Papua yang sedang studi.

“Ini adalah niat mulia yang sangat berdampak besar bagi adik-adik dalam studi mereka.
Semoga niat baik itu terus berkelanjutan dan bisa diikuti oleh semua Polda lain di seluruh Indonesia.

Apresiasi bagi Polri.
Salam Presisi.
Papua Menang, Indonesia Maju,” kata MJ.

Sebelumnya, Polda Jatim dan jajaran polres-nya menerapkan semacam program orang tua asuh atau orang tua angkat bagi pelajar dan mahasiswa asal Papua yang sedang menuntut ilmu di sejumlah kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Seperti yang dilakukan oleh Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo, SH, SIK, MH, yang secara resmi melaunching Orang Tua dan Anak Asuh Pelajar Papua yang dilaksanakan di Ruang Rupatama, Mapolres Kediri, Jatim, Jumat (9/4/2021).

Penulis: WAWAN | PAPUAEditor: RANK DJAMBAK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *