POS TNI AL MEULABOH LANAL SABANG EVAKUASI 2 ABK KAPAL TUGBOAT KORBAN KERACUNAN DI DALAM TONGKANG TK SATIA SAMUDERA 04*

  • Bagikan

Sabang,- Personel Pos TNI AL (Posal) Meulaboh Lanal Sabang bersama Tim SAR Gabungan telah melaksanakan evakuasi terhadap 2 orang ABK korban keracunan pada kapal tongkang TB Satia Samudera di Perairan Bouy A Meulaboh pada koordinat 04 02 298 LU – 096 09 249 BT, Senin (15/11/2021).

Komandan Pangkalan TNI AL Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., menyampaikan bahwa kejadian dilaporkan oleh Danposal Meulaboh Letda Laut (S) Popy Julianto Saputra dengan kronologis kejadian bahwa tongkang mengalami kebocoran dan akan dilaksanakan pengecekan oleh ABK (Anak Buah Kapal) dengan memasukkan selang penghisap air di Menhoel 03 tongkang TK Satia Samudera 04, kejadian ABK masuk ke dalam Menhoel tidak diketahui oleh perwira kapal dan sudah diingatkan oleh nahkoda kapal agar tidak masuk ke dalam menhoel, sekira pukul 12.10 WIB, korban atas nama Darwin melihat korban atas nama Darwis Sapan sudah tergeletak di dalam Menhoel 03 lalu berteriak ke kapal meminta pertolongan lalu mencoba untuk menolong korban dengan masuk ke dalam Menhoel 03 tetapi tidak naik keatas tongkang lagi, sekira pukul 12.20 WIB, nahkoda kapal melihat kedua korban terapung lemas di dalam Menhoel lalu meminta bantuan kepada agen pelayaran dan seluruh unsur darat. Sekira pukul 14.30 WIB, Tim SAR Gabungan datang dan melaksanakan evakuasi, sekira pukul 15.25 WIB, korban pertama diangkat atas nama Darwin dengan kondisi meninggal dunia dan sekira pukul 16.12 WIB, korban kedua diangkat atas nama Darwis Sapan dengan kondisi meninggal dunia, sekira pukul 16.30 WIB, kapal tugboat TB. Satia Samudera 05 tolak menuju Pelabuhan Meulaboh, pukul 17.27 WIB, kapal tugboat TB. Satia Samudera 05 tiba di Pelabuhan Meulaboh selanjutnya korban dipindahkan ke mobil ambulance, pukul 17.35 WIB, Kendaraan ambulance bergerak ke RS. Kesrem 012/TU.

Personel Posal Meulaboh melaksanakan evakuasi 2 orang korban ABK kapal bersama Tim SAR gabungan antara lain Basarnas Pos Meulaboh, Polairud Polres Aceh Barat, Kesehatan Karantina Meulaboh, Syahbandar Meulaboh dan Navigasi Meulaboh.

(Pen Lanal Sabang)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *