PRAJURIT KOLINLAMIL UJICOBA KOMUNIKASI RADIO ANTAR KOMANDO DAN KRI

  • Bagikan

Jakarta, 10 Desember 2021 – Shootlinenews.com, Satya Wira Jala Dharma. Untuk meningkatkan kemampuan personel Operator Radio, Dinas Komunikasi dan Elektronika Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar uji coba pertama Radio Link HF merk Barret di jajaran Kolinlamil di Puskodal Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, beberapa saat yang lalu.

Penggunaan sistem komunikasi dengan menggunakan teknologi gelombang radio frekuensi HF, merupakan sistem komunikasi mandiri. Dalam artian tidak tergantung pada operator penyedia jasa telekomunikasi.

Untuk mengoptimalkan komunikasi tersebut, sesuai dengan arahan dari Dinas Komunikasi dan Elektronika TNI AL (Diskomlekal), Diskomlek kotama TNI AL secara bertahap melengkapi sarana komunikasi radio HF yang dilengkapi fitur Automatic Link Establishment atau ALE, yang mempunyai kemampuan memilih kanal frekuensi yang disesuaikan dengan hasil prediksi berdasarkan lokasi radio dan perubahan propagasi dari waktu ke waktu.

Pelaksanaan uji coba ini diikuti oleh prajurit Puskodal, Diskomlek, KRI Amboina 503, KRI Teluk Hading 538, KRI Tanjung Kambani 971 dan KRI Banda Aceh 593 (yang berada di pangkalan Surabaya).

Kegiatan ini juga ditinjau langsung Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Kolinlamil Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana yang hadir langsung dalam ujicoba link radio HF.

Ujicoba dilaksanakan dengan menggunakan master di Diskomlek Kolinlamil, remote di Puskodal Kolinlamil, dan KRI yang terlibat adalah KRI yang memiliki radio Barret yang dilengkapi antena GPS.
Ujicoba monitoring berhasil dengan baik, lalu ujicoba komunikasi voice (telepon/handphone – radio KRI) dengan hasil suara (voice) dari seluruh KRI diterima baik di Puskodal.

Dari hasil ujicoba pertama, setelah dievaluasi pelaksanaan position monitoring dan kirim terima voice dilaksanakan secara bergantian, dan agar dapat dilaksanakan bersamaan diperlukan 2 unit master (2 unit radio Barret yang dioperasikan di Diskomlek).

Hasil evaluasi akan diujicobakan kedua pada dengan materi lanjutan uji coba voice dan uji coba kirim terima gambar.

Dan direncanakan ujicoba ketiga dilaksanakan memindahkan antena GPS dan V-sat pada, pelaksana KRI yang akan melaksanakan Latopsratmin, dengan materi position monitoring, pengiriman dan penerimaan berita voice (tlp-radio) serta pengiriman penerimaan gambar.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma disela-sela waktunya mengatakan dengan melakukan ujicoba komunikasi antara komando (Puskodal) dengan unsur-unsur KRI akan meningkatkan kualitas dan profesionalitas para personel yang bertugas sebagai Operator Radio.

“Karenanya laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan dedikasi yang dilandasi disiplin tinggi, penuh rasa tanggung jawab dan profesional. Sehingga tujuan dan sasaran kegiatan dapat tercapai secara efektif dan efisien,” tandasnya.

Sementara itu tampak ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kapuskodal Kolinlamil, Pabanren Skomlek Kolinlamil, Kasubdishar Sewaco Disharkap dan – Perwira Diskomlek. (Dispen Kolinlamil)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.