Ramah Lingkungan, Dompet Dhuafa Singgalang Salurkan Kurban dengan “Kambuik”

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | PD. PARIAMAN — Dalam perayaan Idul Adha 1442 Hijriah, Dompet Dhuafa Singgalang menggelar program Tebar Hewan Kurban (THK) di sejumlah titik lokal di Sumatera Barat, Indonesia Timur hingga ke Palestina.
.
Hadie Bandarian Syah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang mengatakan, sebaran titik kurban tahun ini menjangkau 12 titik Kab/Kota di Sumatera Barat, khususnya wilayah pelosok dan jarang diselenggarakan kurban disana.
.
“Total 54 ekor sapi dan 48 domba yang disembelih dalam perayaan kurban sejak Selasa (20/07/2021) hingga Kamis (22/07/2021). Kurban didistribusikan untuk warga dhuafa dan masyarakat umum yang jarang dilaksanakan kurban disana,” ujar Hadie.
.
Seperti tahun sebelumnya gelaran kurban jenis sapi dibeli dari hasil program Kampoeng Ternak (Kater) Ampuan Lumpo Pesisir Selatan. Kemudian untuk hewan kurban jenis domba berasal dari sentra ternak DD Farm Solok dan DD Farm Padang Pariaman.“Sebagai bentuk pemberdayaan hewan kurban ini kita beli dari program Kater dan DD Farm, saat pemesanan hewan kurban juga sudah melewati proses Quality Qontrol (QC) guna memastikan kelayakan hewan kurban untuk sohibul qurban,” papar Hadie.
.
Dan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan (zero waste) dan untuk menggelorakan campaign Kurban Asik Tanpa Plastik, proses packaging daging kurban kali ini berbeda dari tahun sebelumnya.
.
“Pembungkus daging kurban kita juga beli dari salah seorang pengerajin anyaman kambuik dari Padang Pariaman. Bahan baku kambuik ini berasal dari daun pandan. Tentunya pembungkus daging ini ramah lingkungan,” imbuh Hadie.

(Nas/DDS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *