Razia Sel Lapas Kelas III Talu, Petugas Sita Barang Berbahaya Bagi Warga Binaan

  • Bagikan

PASAMAN BARAT | SHOOTLINENEWS.COM — Sejumlah barang terlarang disita petugas pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Talu saat melakukan razia pada kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Selasa (27/4/2021) pukul 13.30 Wib.

Penggeledahan secara rutin dan acak setiap Kamar Hunian dilaksanakan untuk memastikan agar tidak ada benda/barang-barang larangan dan berbahaya di dalam Lapas berupa Handphone dan Narkoba.

Kepala Lapas Talu Donni Isa Dermawan, A.Md, IP, SH, M.Si menyampaikan tujuan razia blok kamar salah satu wujud langkah progresif menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Kegiatan diikuti oleh seluruh anggota tim jajaran pengamanan dipimpin oleh KPLP, Lapas Kelas III Talu Muhammad Faizal Martha, SH

Kepala Lapas Talu mengimbau kepada seluruh tim yang akan bertugas melakukan penggeledahan untuk meningkatkan kewaspadaan selama kegiatan berlangsung.
“Lakukan dengan hati-hati, tingkatkan kewaspadaan selama melaksanakan tugas serta selalu jalin kerjasama yang baik dalam tim,” imbaunya

Penggeledahan dimulai dari penggeledahan badan satu per satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilanjutkan dengan penggeledahan barang yang berada di dalam kamar hunian.

Petugas menemukan sejumlah barang yang tidak semestinya berada di dalam blok hunian warga binaan. Petugas tidak menemukan barang berupa obat terlarang seperti narkotika, atau alat komunikasi handphone namun petugas berhasil mengamankan sejumlah barang yang dapat mengancam keselamatan penghuni warga binaan Lapas.

“Kita mendapatkan senjata tajam yang bisa mengancam penghuni Lapas lain, diantara Korek api gas 1 buah, Patahan Pisau cukur 1 buah, Lem Fox 1 buah, Penjahit 1 kotak, Senar gitar 1 set, Lem Korea 1 kotak serta patahan gagang sikat gigi 1 buah. Tidak ditemukan HP dan Narkoba,” jelas Kalapas Donni, Minggu (2/5).

Ia juga menegaskan supaya penggeledahan kamar secara rutin namun dengan waktu pelaksanaan yang diacak, terus dilaksanakan untuk mencegah adanya barang-barang terlarang di dalam Lapas.

Agar seluruh Petugas meningkatkan kewaspadaannya dan teliti dalam memeriksa barang yang dibawa pengunjung saat layanan kunjungan.

Terhadap Barang hasil razia/penggeledahan selanjutnya di data, di inventarisir dan diamankan untuk dimusnahkan.

Kepala lapas Talu juga mengatakan bahwa razia ini juga dalam rangka meningkatkan deteksi dini cegah timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban serta memperketat pengamanan dan pengawasan di lingkungan lapas. “Seluruh barang temuan dikumpulkan, dicatat dan dilaporkan. Selanjutnya, dilakukan pemusnahan di depan seluruh petugas,” tutupnya.

Penulis: DODI IFANDA SHEditor: DIF007
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *