Sertu Sarmin Hadiri Sosialisasi Bahaya Narkoba pada Remaja

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | Surakarta  —  Minggu 14 November 2021 Pukul 10.00wib Babinsa Kelurahan Tipes Koramil 03/Serengan Kodim 0735 Surakarta Sertu Sarmin menghadiri Kegiatan Sosialisasi tentang bahaya Narkoba kepada Karang Taruna dan warga masyarakat yang berusia Remaja bertempat di Pendopo Kel.Tipes Jl Cokrobaskoro III No.13 RT 02 RW 05 Kel.Tipes Kec Serengan dengan Narasumber Kec Serengan Iptu Warsino (Kasubdit Sat narkoba Polresta Surakarta)

Kehidupan di era modern yang canggih ini membuat semua hal terasa lebih mudah dilakukan, Hanya berbekal teknologi, hampir semua hal bisa didapatkan, termasuk narkotika dan obat terlarang yang peredarannya semakin terselubung dan rentan dilakukan para remaja. Dampaknya, tingginya angka penyalahgunaan narkoba pada remaja yang semakin membuat resa para orangtua. Pasalnya, bahaya narkoba menjadi ancaman yang sangat nyata, ungkap Iptu Warsino

Penyalahgunaan narkoba sering terjadi di kalangan remaja. Katanya, coba-coba menjadi alasan utama, karena ingin membuktikan apakah dampak yang dirasakan benar seperti apa yang dikatakan, Pada akhirnya mereka menjadi kecanduan kesulitan untuk berhenti menggunakan dan melakukan apa saja demi mendapatkan stok cadangan.

*Kenali Bahaya Narkoba yang Mengancam Jiwa*
Peredaran narkoba bisa dilakukan melalui apa saja. Bahkan, ada beberapa cara yang mungkin hingga kini masih belum teridentifikasi, sehingga penyalahgunaan masih sangat mungkin terjadi. Remaja menjadi target empuk para pemasok karena iming-iming manfaat yang mungkin didapat. Jangan sampai terjadi, kenali bahaya narkoba yang mengancam jiwa bagi siapa saja yang menjadi kecanduan karenanya:

*Halusinasi*
Salah satu dampak negatif yang sering terjadi pada pengguna narkoba adalah halusinasi. Bahkan, penggunaannya yang sudah sangat berlebihan dapat memicu munculnya gangguan kecemasan, gangguan mental, hingga depresi. Hati-hati, karena ini bisa memicu seseorang melakukan tindakan di luar keinginan.

*Berubahnya Sel Saraf dalam Otak*
Penggunaan narkoba dalam jangka panjang berdampak pada sel saraf otak. Sangat mungkin terjadi perubahan yang akhirnya mengganggu sistem komunikasi antar sel saraf. Meski sudah berhenti, efek ini tidak langsung menghilang. Butuh waktu lama untuk benar-benar membersihkan dampaknya.

*Kebingungan dan Hilang Ingatan*
Bingung, merasa linglung dan kehilangan ingatan adalah bahaya narkoba lainnya yang didapatkan jika terjadi kecanduan jenis obat tertentu. Ini pun akan berdampak pada perubahan perilaku dan koordinasi tubuh serta kehilangan kesadaran.

*Kejang dan Kematian*
Dampak yang cukup serius dari penggunaan narkoba yang disalahgunakan atau dosisnya yang berlebihan adalah kejang yang berujung pada kematian. Overdosis membuat tubuh tidak lagi mampu melakukan tugasnya untuk menetralkan kandungan keras obat terlarang ini, sehingga pengidap mengalami kejang, perilaku psikotik, dan mungkin untuk kehilangan nyawa, Pungkas nya

(Agus Kemplu)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *