Tim Pidsus Kajari menggeledah Kantor Capil Deli Serdang

  • Bagikan

DELI SERDANG | SHOOTLINENEWS.COM — Dugaan Penyidikan korupsi pengadaan peralatan komputer dikantor Intansi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) yang ditangani langsung oleh Tim Kajari Deli Serdang, terbilang masih mengambang.

Ketidak jelasan itu dibuktikan belum diketahui siapa saja yang terjerat dalam kasus tersebut.Padahal,Personel penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kajari Deli Serdang telah memiliki alat bukti adanya kerugian negara dan mengamankan sejumlah barang bukti seperti, printer, tinta dan dokumen dari hasil penggeledahan kantor Disdukcapil.

Akan tetapi, hingga sampai saat ini Kajari Deli Serdang pimpinan Jabal Nur hanya sebatas merumuskan alat bukti untuk menetapkan tersangka.

“Soal tersangka belum ada, lantaran masih proses kasusnya. Pun begitu, kami akan sampaikan dalam waktu dekat siapa saja terlibat,” ujar Kajari Deli Serdang, Jabal Nur dalam keterangan siaran pers di kantornya Jalan Sudirman, Lubukpakam, Kamis (22/7/2021).

Jabal menyebut, sejumlah orang sudah dimintai keterangan dalam kasus ini.

“Ada 10 orang dilakukan pemeriksaan, sala satunya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Deli Serdang. Mereka diperiksa sebagai saksi,” Sebutnya.

Ketika ditanya adakah aliran dana korupsi dimaksud masuk ke Bupati dan Kadisdukcapil,Jabal menyatakan perihal itu belum bisa dipastikan.

“Jika dalam penyelidikan oleh tim ahli ditemukan adanya dana masuk ke rekening Bupati dan Kadisdukcapil, tentu dilakukan pemeriksaan dan dimintai keterangan,” katanya.

Disinggung soal jumlah kerugian negara, Jabal Nur mengatakan tidak mengetahui berapa nominal rilnya. “Masih dihitung oleh tim ahli.”Yang jelas kerugian Negara di atas tiga ratus juta,”Paparnya.

Untuk diketahui, dugaan korupsi pengadaan peralatan barang komputer yakni tinta pada anggaran tahun 2020, terendus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Deli Serdang.

Mencuat kasus tersebut setelah Kajari Deli Serdang menggeledah kantor Disdukcapil pimpinan Gustur Siregar.

(Hermansyah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *