Tuanku Bosa XV Sambut Tim Kementerian Pertanian Konfirmasi Luas Lahan Food Estate di Talu

  • Bagikan

PASAMAN BARAT | SHOOTLINENEWS.COM —Tuanku Bosa Talu XV menyambut utusan Kementrian Pertanian RI beserta tim propinsi,kabupaten, Camat Talamau, Sekna Wali Nagari Talu.

Dalam sambutan Pemangku Adat Salingka Nagari Talu Tuanku Bosa XV Jhoni ZA menyampaikan menerima baik program food estate ini dan harapanya nanti program ini di sosialisasikan oleh pemerintah kepada masyarakat penerima program food estate dan nanti dinaungi oleh Koperasi Mataram dalam pendampingan program pusat tersebut.

Tuanku Bosa XV menyampaikan” Kedatangan Tim dari Provinsi dan kabupaten Pasbar untuk konfirmasi lahan perkebunan di Talu mendiskusikan Program Food Estate. Sesuai usulan Pemerintahan Propinsi Sumatera Barat, semoga dapat terwujud nantinya,”

Perwakilan dari Kementrian pertanian RI, Hendri Simbolon menyampaikan bahwa program food estate ini didanai dari APBN untuk pengembangan ekonomi dan ketahanan Pangan Negara. Sumber dana APBD Propinsi 30 persen APBN 45 persen dan Pihak Swasta 10 persen.

PJ Wali Nagari Talu Mahyu Dahnil melalui Sekretaris Nagari Talu Nurli Efendi, S.Th.I “Alhamdulillah kita menyambut sangat gembira atas kedatangan utusan Kementerian Pertanian Pusat untuk Tindak Lanjut Program Food Estate,”

Lebih lanjut mengatakan kepada kami bahwa Nagari Talu ini kaya Akan potensi, salah satunya pengembangan pertanian dan perkebunan. Untuk mencapai semua ini Harus di Sinergikan Antara Pemerintahan Nagari dan Lembaga Adatnya artinya merajut kembali Tigo Tali Sapilin Di Nagari Talu.

Ia mengajak masya ubtuk mendukung food estate “Mari Basamo Bangun Nagari” Tidak akan berubah nasib suatu kaum, kalau tidak kaum itu sendiri merubahnya,” katanya

Sementara ditempat lain, Gubernur Mahyeldi menyampaikan jika pihaknya memprioritaskan program sektor pertanian. Karena, lebih 50 persen kegiatan ekonomi masyarakat Sumbar bergerak pada sektor tersebut.

Di masa pandemi, usaha di bidang pertanian juga cukup menguntungkan. Selain itu Mahyeldi juga menyinggung kesiapan Sumbar dalam program food estate.

“Terkait food estate, kami juga sudah mengusulkan lahan di tiga lokasi. 7000 hektar di Pasaman Barat, 1.000 hektare di Pariaman dan 5000 hektar di Solok Selatan,” tuturnya kepada Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menerima Audiensi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah di Ruang Kerja Ketua DPD Lantai 8, Gedung MPR DPR, Rabu, 28 April 2021.

Penulis: DODI IFANDA SHEditor: RANK DJAMBAK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *