Wabup Insyafuddin: Semoga DPC IPeKB Menjadi Mitra Resmi Pemerintah

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | Aceh Tamiang — Dukung peningkatan profesionalisme penyuluh KB di era 4.0, DPMKPPKB Aceh Tamiang menggelar pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Cabang Ikatan Penyuluh Keluarga Bencana (IPeKB) Indonesia Kabupaten Aceh Tamiang – Kabupaten Pidie Jaya masa bakti 2021-2025, Kamis (14/10/21) pagi, bertempat di Aula Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian.

Atas pelantikan ini, Wabup Insyafuddin mengatakan, terbentuknya DPC IPeKB di Aceh Tamiang dapat menjadi wadah pembinaan dan peningkatan kompetensi PKB/PLKB dalam melaksanakan pembangunan sumber daya manusia melalui Program Bangga Kencana. Ia berharap, DPC IPeKB menjadi mitra resmi Pemerintah dalam peran strategisnya mengendalikan lonjakan angka kelahiran anak dan permasalahan lainnya, guna mensukseskan program Keluarga Berencana di Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPD IPeKB Indonesia – Aceh Jenan Taeb mengungkapkan harapan serupa. Ia berharap pengurus dapat menjalankan segala program dengan baik dan sukses. Tentunya, dengan mensinergitaskan program BKKBN dengan pemerintah daerah sehingga dapat mendukung satu sama lain.

“Tidak ada keberhasilan jika tidak direncanakan dengan baik. Para pengurus harus tangguh dan harus menjalin kerja sama dengan semua pemangku kepentingan”, ungkap Jenan.

Sementara itu, Sahidal Kastri selaku perwakilan BKKBN Aceh menambahkan, para pengurus IPeKB memiliki tugas yang baik lagi mulia, yang salah satunya ialah mewujudkan keluarga sejahtera.

“Pengurus bertugas sebagai penyuluh di tengah masyarakat. Pengurus juga berperan sebagai corong pemerintah dalam menyampaikan edukasi sesuai dengan tupoksi yang ada agar masyarakat mudah menerimanya”, terang Sahidal mengingatkan.

Sebelumnya, Kepala DPMKPPKB Mix Donal selaku ketua panitia turut menerangkan, tugas dan fungsinya Penyuluh Keluarga Berencana dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB) sangat vital dalam mendukung program Bangga Kencana.

“PKB/PLKB merupakan ujung tombak dalam mensosialisasikan dan mensukseskan program Bangka Kencana di Lapangan. Oleh karenanya, setiap PKB/PLKB harus meningkatkan kemampuan dan potensi dirinya secara maksimal,” terangnya

Acara pelantikan dan pengukuhan berjalan khidmat. Serangkaian tata tertib pelantikan dimulai dari Pembacaan surat keputusan dewan pengurus daerah (DPD) IPeKB Aceh. Dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan, hingga Pengukuhan oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang untuk DPC IPeKB Aceh Tamiang, serta Pengukuhan sumpah oleh perwakilan BKKBN Aceh untuk DPC IPeKB Pidie Jaya, serta penyerahan bendera pataka oleh DPC IPeKB Indonesia Provinsi Aceh kepada Ketua DPC IPeKB Indonesia Aceh Tamiang dan Pidie Jaya.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh dan jajarannya, perwakilan unsur Forkopimda, Ketua IBI, Ketua DPD IPeKB Aceh dan sejumlah hadirin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *