LLI dan Dinsos Sumbar Tingkatkan Kepedulian Pada Lansia

  • Bagikan

PADANG | Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Sumbar rapat dengan Kepala Dinas Sosial Sumbar beserta jajarannya, Jumat (26/4) 2024, sore. Dari kegiatan itu didapat kata sepakat untuk membuat momen peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Sumatera Barat makin bermakna dan lebih membahagiakan para lanjut usia di Sumbar.

Dari rapat persiapan HLUN tersebut, disepakati pelaksanaannya direncanakan pada 29 Mei nanti di Istana Gubernur. Dengan harapan Gubernur Sumbar dapat bercengkrama lansung bersama para lansia di peringatan HLUN Tingkat Provinsi Sumbar tersebut.

Ketua Harian LLI Provinsi Sumbar, Drs. Parlagutan Nasution, M.SI mengapresiasi semangat Dinas Sosial Sumbar yang ingin menggebyarkan peringatan HLUN 2024. Dia sangat gembira mendapatkan kenyataan di tahun ketiga LLI Provinsi Sumbar berkegiatan sudah memperoleh kepercayaan yang begitu besar

“Kepercayaan yang diberikan kepada LII tersebut tentu tidak akan kami sia-siakan. Apalagi Kepala Dinas Sosial Sumbar, H. Syaifullah, S.Pd. MM ingin membuat orang-orang di Sumbar tidak gamang, tidak tau apa yang mesti dikerjakan, merasa kurang dihargai dan sejumlah kegalauan lain yang mendera ketika mereka memasuki periode lanjut usia. Sejalan dengan harapan Ketua LLI Provinsi Sumbar, Dr. H. Ali Asmar M.Pd,” ungkapnya.

Parlagutan juga menambahkan kehadiran Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah, SP sangat diharapkan oleh para lansia. Akan beda rasanya jika mereka menerima langsung hadiah dan cenderamata dari Gubernur. Mereka sudah mempersiapkan diri untuk tampil di hadapan orang nomor satu di Sumbar itu.

LLI juga menyampaikan rencananya akan mengupayakan untuk memberikan penghargaan kepada lansia yang telah berkontribusi terhadap daerah ini, dengan memberikan cenderamata kepada para lansia. Dengan dukungan Dinas Sosial Sumbar, akan dilaksanakan berbagai lomba untuk mereka yang ada di panti-panti layanan lansia milik pemerintah.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, H. Syaifullah S.Pd, MM., mengatakan perhatian terhadap lansia sudah selayaknya menjadi perhatian kita bersama. Sebab beberapa teman yang sudah purna bakti atau memasuki masa pensiunnya merasa gamang. Tidak tahu apa yang dikerjakannya, karena selama ini aktif berkegiatan sekarang tidak lagi. Begitu banyak ungkapan yang terdengar yang dari teman-teman kita itu.

Syaifullah mengharapkan keberadaan dan perhatian dari LLI terhadap persoalan ini mampu membangkitkan semangat mereka yang akan memasuki masa lanjut usia (lansia). Bisa menanamkan rasa bahwa mereka tetap berharga.

“LLI sebagai mitra pemerintah bisa berperan memberikan pemahaman bagaimana menjadi lansia yang sehat, aktif dan produktif. Menjadi wadah bagi para lansia untuk lebih produktif dan tetap bermanfaat bagi sesama,” ungkapnya.

Syaifullah juga mengatakan LLI juga bisa berperan aktif dalam meningkatkan perhatian dari pihak keluarga, suku dan masyarakat Sumbar terhadap lansia. Hal ini disebabkan, kemampuan pemerintah provinsi dalam memberi perhatian kepada lansia masih terbatas. Baru 250 orang lansia yang ditampung di dua panti yaitu Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Sabai Nan Aluih di Sicincin Kabupaten Padang Pariaman dan PSTW Kasih Sayang Ibu di Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar.

“Kita juga akan menindaklanjuti rencana yang pernah digagas untuk mengganti Panti Jompo dengan Rumah Nyaman Lansia. Di bawah kepemimpinan Gubernur H. Mahyeldi Ansharullah SP Dt. Marajo dan Wagub Dr. Ir. Audy Joinaldy Dt. Rajo Pasisie Alam sudah sebaiknya segera direalisasikan. Kita pun harus terus melaksanakan Amanah Undang-undang No.13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia,” ujarnya.

Kabid Rehsos Dinas Sosial Sumbar, Heni Yunida, SE, bidang yang dipimpinnya akan memberikan dukungan yang diperlukan untuk kegiatan tersebut. Dia meminta LLI untuk menentukan lansia yang akan diberi penghargaan, mempersiapkan SK kepanitiaan dari pihak LLI dan rundown acara, mengupayakan kenang-kenangan yang akan diberikan kepada para lansia.

“Ijin Pak Kadis, selain lomba di tingkat panti yang hadiahnya diserahkan di Hari Peringatan HLUN Tingkat Sumbar, kami juga berencana meramaikan kegiatan kita dengan booth hasil kerajinan dan produk lainnya dari para lansia. Nantinya juga diundang mitra kita untuk menampilkan produk unggulannya atau para pihak yang mau memeriahkan kegiatan tersebut,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan
Exit mobile version