Diskominfo Padang Pariaman Akan Simulasikan Pemasangan STB Digital Kepada Warga

  • Bagikan

Dengan berpindahnya siaran TV analog ke digital Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, melalui dinas kominfo akan memberikan simulasi pemasangan set top box (STB) digital, langkah ini dilakukan Pemkab Padang Pariaman adalah sebagai bentuk upaya edukasi kepada warga dalam penggunaan alat tersebut, selasa(26/4/22).

Walaupun pemberian STB digital kepada warga secara langsung memang bukan kewenangan dinas kominfo di daerah, akan tetapi pihaknya merasa bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada warga, karena daerah juga dituntut wajib mensukseskan peralihan ini.

Alat STB digital yang diberikan oleh pemerintah pusat ke sejumlah daerah belum disertai dengan edukasi dan pengetahuan yang cukup bahkan kebanyakan penerima belum mengetahui apa itu STB.

Dalam penggunaan STB digital tersebut hanya untuk warga yang selama ini menggunaka penangkap sinyal UHF yang hanya bisa menangkap analog sehingga kualitasnya buruk, makanya dialihkan ke TV digital dengan menggunakan STB.

“Jadi sebelum tanggal 30 April ini kami sudah melakukan simulasi STB digital di sejumlah lokasi,” terang kadis kominfo.

Diketahui data penerima STB digital dari pemerintah pusat didapatkan dari dinas sosial di kabupaten dan kota diseluruh Indonesia, yang pendistribusiannya melalui PT. Pos Indonesia.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat telah mensosialisasikan peralihan siaran TV Analog ke TV Digital sesuai dengan intruksi pemeritah pusat.

RLS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.