PEMILU 2024 Beredar Video Anggota Bamus di Pasbar Kampanyekan Anak Bupati

  • Bagikan

Pasbar, Shootlinenews

Rekaman video seseorang diduga anggota Bamus di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie berinisial P, mengarahkan agar memenangkan dan memilih calon anggota legislatif tertentu beredar di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat awal pekan ini.

Berdasarkan data video yang berdurasi 7 menit 42 detik yang kini viral, memperlihatkan seseorang didalam sebuah ruangan berbicara dihadapan orang banyak dan diduga didalam video tersebut dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi.

Dalam video itu, pembicara (diduga anggota Bamus) mengawali dengan kata sambutan yang menyebutkan bupati telah sudi mengundang (mereka) selaku warga Sasak serta perwakilan dari Sasak. Diduga acara itu dilaksanakan pada malam hari.

Dia menyebutkan sesuai penyampaian bupati yang mereka sama tau dalam pemanggilan dan sekaligus menyampaikan program-program yang telah dilakukan oleh bupati di Kabupaten Pasaman Barat.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada bupati dengan mewakili warga Sasak, karena sesuai dengan visi-misi bupati bahwa mereka telah menerima bagian-bagian yang telah dilakukan oleh bupati.

Namun pada menit 03.03, hal mengejutkan terlontar kata-kata dari yang diduga anggota mantan anggota DPRD Pasaman Barat ini dengan menyebutkan nama anak dari Bupati Pasaman Barat sedang ikut berkecimpung di dunia perpolitikan dengan sebagai caleg DPR RI.

“Tentunya saatnya lah malam ini, bapak bupati telah menyampaikan kepada kita segalanya untuk memenangkan HD untuk tampil di DPR RI pusat. Tentunyalah tidak lepas dari kita semua, kalau seandainya kita sepakat dari jumlah 232 kita, dari 84 orang yang hadir sampai saat ini,” sebut dia.

Anak Bupati Menuju Senayan

“InsyaAllah HD, pada 14 Februari kita akan mencoba menyampaikan kepada masyarakat. Bagaimana putra daerah kita sendiri yaitu putra dari bapak bupati kita juga harus kita bantu untuk menuju ke senayan. Kita sepakat kan?,” sambung dia disambut riuh tepuk tangan dari yang hadir.

Selanjutnya dia juga mengajak dengan memulai dari saat itu untuk berusaha melakukan sosialisasi membantu dengan memulai dari tingkat nagari, jorong, da’i dan bamus berupaya bagaimana berjuang untuk anak bupati.

“Bagaimana berjuang, putra kita, HD anak bupati kita jadi DPR RI dari perwakilan Kabupaten Pasaman Barat dengan partai PAN nomor urut empat,” ajak dia.

“Sekarang kita sebut partainya PAN Partai Amanat Nasional dengan nomor urut empat, mudah-mudahan dengan niat baik kita pada malam hari ini memberikan manfaat,” sambung dia mengakhiri.

Sebelumnya terkait video viral berdurasi 5 menit 16 detik juga memperlihatkan Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengarahkan sejumlah perangkat nagari atau desa di sebuah ruangan dan diduga meminta memenangkan anaknya yang menjadi calon legislatif DPR RI.

Karena itu, Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dilaporkan ke Bawaslu setempat karena dituduh bersikap tidak netral dalam Pemilu 2024 pada Senin sore, 15 Januari 2024. Hamsuardi dinilai melanggar aturan kampanye dalam posisinya sebagai bupati.

Pelapor, Tri Tegar Marunduri mengatakan dia mendatangi kantor Bawaslu Pasaman Barat didampingi tiga orang pengacaranya untuk mengadukan Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi.

Menurut dia Bupati Pasaman Barat Hamsuardi sudah bersikap tidak netral dengan telah mengumpulkan perangkat nagari atau desa untuk mengajak atau mengimbau memilih anaknya yang saat ini menjadi calon legislatif DPR RI melalui salah satu partai dengan daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 2.

“Kita melihat video yang ada, bahwa Bupati Pasaman Barat mengajak atau mengimbau memilih anaknya. Berdasarkan informasi yang kita peroleh, peristiwa itu terjadi pada Rabu 10 Januari 2024 sekira pukul 20.00 di aula rumah kedinasan bupati,” jelas Tegar.

Dapatkan info menarik dan terupdate lain di Shootlinenews sumber informasi Rakyat Indonesia.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *