Aksi Hijau Kapolres Batang: Fokus Penghijauan di Wilayah Kritis

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS. COM |
Batang – Aksi penanaman 10 juta pohon secara serentak serlangsung di Madiun bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menko PMK Muhadjir Effendy, Rabu (15/11/2023).

Polres Batang juga turut serta dengan kegiatan serupa di Pantai Muara Rejo, kawasan Pantai Sigandu Batang yang dipimpin oleh Kapolres Batang, AKPB Saufi Salamun.
Pantai Sigandu, Batang, menjadi saksi kebersamaan dan semangat untuk menjaga keberlanjutan lingkungan pada hari tersebut. Sekitar 1.000 bibit pohon ditanam di Pantai Muara Rejo, mengikuti jejak kegiatan serupa di seluruh Polda Jateng, dengan total 34 ribu bibit pohon ditanam.

Kapolres Batang, AKBP Saufi Salamun, menyatakan bahwa aksi ini bukan hanya seremoni belaka. Mereka telah fokus melakukan penghijauan di wilayah Batang, termasuk pesisir dan lahan-lahan kritis. Kerja sama dengan Perhutani dan Kementerian Lingkungan Hidup turut mendukung program penanaman pohon ini.

“Dalam rangka penanaman 10 juta pohon serentak, hari ini kita lakukan penanaman pohon di pantai Muara Rejo ini,” kata Kapolres Batang, AKBP Saufi Salamun.
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi secara virtual memaparkan kegiatan Polda Jateng, menyoroti dukungan terhadap program Ekonomi Hijau yang digagas oleh Presiden Jokowi.

PPolda Jateng memusatkan kegiatan di Mako K9 Dit Samapta Polda Jateng, Aspol Banyumanik I Gedawang, Kec. Banyumanik, Kota Semarang.
Program unggulan seperti Program Mageri Segoro, yang menitikberatkan pada penanaman mangrove di jalur Pantura Jawa Tengah sejak Oktober 2021, dan program Go Green yang mempercepat penanaman pohon di seluruh Mako, dari Polda hingga Polsek, menjadi sorotan Kapolda Jateng.

Aksi penanaman pohon hari itu juga merupakan bagian dari kolaborasi dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), dihadiri oleh perwakilan dari PJ Gubernur Jateng, Kodam IV Diponegoro, Ketua BNN Provinsi Jateng, dan berbagai kementerian terkait.

Aksi ini menjadi tonggak penting dalam mendukung program Ekonomi Hijau, mencerminkan sinergi antara aparat kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Aksi penanaman pohon tidak hanya menghasilkan keindahan alam, tetapi juga menjadi simbol komitmen bersama dalam menjaga bumi ini untuk anak cucu kita,” pungkasnya.

Red-Spyd

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *