Datuak IB Hadiri Persiapan PPDB MTSN 5 Padang

  • Bagikan

Padang | Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru adalah suatu sistim atau cara dalam menyaring atau melakukan seleksi dari calon siswa untuk melanjutkan pendidikan setingkat di atasnya.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Padang yang beralamat di Jalan Raya Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang, pada tahun ini juga melakukan PPDB untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Pada Persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru ini.

Pihak sekolah sengaja mengundang Tokoh Masyarakat Kuranji yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM guna berkoordinasi dalam rangka menyatukan langkah-langkah untuk kemajuan pendidikan di MTsN 5 Padang.

Irwan Basir selaku Tokoh Masyarakat Kuranji dalam kesempatan itu mengatakan, PPDB adalah sistem perekrutan siswa baru di dunia pendidikan.

Namun kita juga harus paham, daya tampung sekolah negeri untuk menerima siswa yang lulus setiap tahunnya selalu tak seimbang ditambah lagi dengan kuota yang terbatas.

Para orang tua selalu berebut menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah negeri. Untuk itulah dilakukan seleksi dengan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini oleh instansi berwenang.

“Dalam setiap Penerimaan Peserta Didik Baru sering terjadi timbul rasa ketidakpuasan dari orang tua siswa yang anaknya tidak diterima. Pihak sekolah pun tidak berdaya karena dibatasi dengan aturan penerimaan yang telah ditetapkan.

Riak-riak seperti inilah yang harus diatasi dan dicarikan jalan keluarnya secara bersama-sama. Tokoh masyarakat, tokoh pemuda, komite dan pihak sekolah untuk duduk bersama-sama mencarikan jalan terbaik secara kearifan lokal banagari agar tidak merusak hubungan silaturahmi sesama kita. “, ucap Irwan Basir.

Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, kemampuan sekolah dalam menerima peserta didik baru tentu mengacu kepada kuota yang telah ditetapkan. Kita juga tidak bisa memaksakan suatu kehendak jika aturan yang sudah membatasinya. Jika pihak sekolah telah berjalan sesuai aturannya dan pelaksanaan PPDB ini sesuai dengan jalurnya, kita akan dukung demi untuk kemajuan sekolah MTsn 5 ini.

“Harus kita pahami kalau pihak sekolah dalam PPDB lebih mengacu kepada prestasi pendidikan siswa. Karena kemampuan intelektual dan sumber daya manusia adalah barometer untuk kemajuan suatu sekolah.

Salah satu bentuk kemajuan pendidikan di sekolah itu adalah melahirkan siswa berprestasi dan itu adalah anak-anak kita. Dan ini harus kita dukung secara bersama-sama” tambah Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Terakhir, Irwan Basir juga memberikan apresiasi kepada pihak sekolah yang selama ini selalu berkoordinasi dan mengikut sertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan sekolah. Ini menandakan kalau manajemen di sekolah ini berjalan dengan baik dan hubungan komunikasi dengan lingkungan sekitar juga terbangun dengan lancar.

” Kalau lah saciok bak ayam, sadanciang bak basi, ada ninik mamak, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ketua Rt dan Rw, saya rasa takkan ada masalah yang akan tumbul karena pelaksanaan proses pendidikan di sekolah ini sudah didukung secara bersama-sama ” ungkap Owner Padang Fishing Club ini.

Hadir dalam acara tersebut, Kepal MTsN 5 Kuranji ibu Dr. Lilis Andriani, M.Pd yang didampingi oleh Kepala TU sekolah Rinaldi Putra, S.PdI. Ketua Komite, ketua Rt dan Rw serta tokoh masyarakat lainnya. (MS/DP)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.