MENDONGKRAK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEKITAR PT. TAMBANG BATU BARA MELALUI CSR

  • Bagikan

Shootlinenews.com | Buntok, Barsel — Rabu 28 September 2022, Keberadaan  Perusahaan Tambang Batu Bara Bukan hanya memiliki Kontribusi yang besar Kepada perekonomian Negara,Namun juga Kehadiran tambang Telah Memberikan manfaat Bagi masyarakat di Daerah sekitar Pertambangan.

Selama ini ada kesan Perusahaan yang Memanfaatkan sumber Daya alam , Seperti Perusahaan PT multi Tambang jaya utama, mutu (mtu ), Tambang Batu Bara merupakan Perusahaan yang wajib Hukumnya untuk Memperhatikan Kondisi Lingkungan sekitarnya, Baik  Lingkungan Ekologi Maupun kondisi sosial Masyarakat.

Itu sebabnya Dihampir Semua perusahaan Tambang  memiliki Program ( community   develofment ) atau disebut dengan Istilah ( Corporate  Social  Responsibility atau ( CSR) ini bukan sekedar Kegiatan amal  ,atau Public relation, namun Memang wajib bagi Perusahaan Tambang, Tertuang dalam pasal 74 Ayat (1) undang undang Nomor  40 tahun 2007 Tentang perseroan, Terbatas  ( UU PT ).

Pasal tersebut berbunyi perseroan yang Menjalankan kegiatan Usahanya di Bidang dan/ Atau berkaitan dengan Sumber daya alam ,wajib Melaksanakan tanggung Jawab sosial dan Lingkungan.

Dari sisi perusahaan Menyelenggarakan ( CSR )  Upaya melibatkan Masyarakat sekitarnya Untuk membantu Keberadaan perusahaan Sekaligus kelancaran Operasional Tambang ,

Disisi Lain masyarakat disekitar memiliki resiko Tinggi akibat aktivitas Pertambangan dapat Meningkatkan Kesejahteraannya dari Program ( CSR ), menurut Kepala desa Palo Rejo, MISLI  mengatakan.

“Hal ini sudah dilakukan oleh PT MUTU, untuk desa Palo Rejo, yang berada dalam wilayah Operasional maupun Desa Lintas haouling , program CSR yang dilaksanakan Untuk Desa Palo Rejo Yang selama ini sudah Dilakukan Maupun yang Sedang dilaksanakan Sejak awal beroperasi nya Perusahaan Pertambangan antara Lain,

1,  Pembangunan sumur air   Bersih di RT 1sd 21.

2,  Bantuan 1 (satu) unit mobil ambulance.

3,. Penggusuran Lapangan sepak bola.

4 , perbaikan Bendungan RT 02.

5 , Penggusuran jalan Poros Sepanjang 3 km

6 , Pembangunan saluran drainase Penanggulangan Banjir RT 7,8,9.

7 , pembuatan saluran Pada RT 05.

8 , Bantuan Makanan Tambahan Untuk balita Berpotensi Stunting.

9 , pemberian makanan Tambahan berupa susu dan biscuit untuk balita di posyandu.

10 , Bantuan Usaha Kecil dan menengah untuk tanaman Hidroponik dan makanan ringan.

11,. Pemberian Bantuan untuk rumah ibadah, sekolah, kepemudaan, kebudayaan dan atau bantuan berbagai kegiatan pada kelompok masyarakat dan desa,

12 , bantuan kegiatan ke Agama an.

13 , bantuan untuk anak berprestasi .

14 , pengobatan gratis,  Penyuluhan Hepatitis,senam bersama, cerdas cermat kader lansia.

“Dari berbagai program ataupun kegiatan yang dilaksanakan tersebut di atas, PT MUTU Langsung yang melaksanakan dan menyerahkan ke masyarakat, kecuali poin (1) pembangunan sumur di RT pada tahun 2009 ,dan poin 7 pembangunan saluran drainase pengulangan banjir RT 7,8,9, pada tahun 2019,yang diserahkan ke kelompok pelaksanaan pembangunan pada masyarakat melalui pemerintah (Pemdes) Palo Rejo.

ungkap kepala desa Palo Rejo, dan dia menambahkan, “Dari apa yang sudah dilakukan terkait CSR ,di Desa tentu sangat lah bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,dan harapan kami tetap terus berlanjut dan di tingkatkan program Agar warga merasakan manfaat yang besar dari perusahaan  yang bekerja di sekitar desa,” Bahwa ada beberapa proposal yang sudah diajukan oleh pemerintah desa kepada PT mutu di antaranya.

“1 memperbesar saluran buang drainase RT 09 penanggulangan banjir RT 7,8,9 bahwa belum ada tindak lanjut pelaksanan nya.

” 2 memohon bantuan material batu untuk perbaikan jalan desa, belum ada tanggapan sampai saat ini, “Direncanakan juga pemerintah desa ( Pemdes) akan mengajukan proposal pembangunan Pamsimas, yaitu jaringan Pipanisasi dan sambungan rumah ( sr) Agar warga dapat menikmati air bersih bertahap dan menyeluruh, hal ini masih dalam tahap komunikasi (Pemdes)  dengan manajemen PT mutu yang membidangi pungkasnya,”.

Pewarta: Husin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *