Kades Boddie Semena-mena Berhentikan Kadus Secara Sepihak

  • Bagikan

PANGKEP SULSEL | Pemberhentian dan pergantian kepala dusun Lamasa desa Boddie atas nama H Gading tanpa pemberitahuan, hal ini disampaikan mantan Kadus H Gading sendiri saat ditemui awak media di Rumahnya Dusun Lamasa, Desa Boddie, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep, pada Jumat (2/9/2022).

Kepala Dusun merupakan perangkat desa yang tugasnya membantu kinerja kepala desa, salah satunya untuk mengantarkan SPPT kepada warganya dan tugas lain.

H Gading mengatakan bahwa pemberhentian saya sebagai kepala dusun Lamasi tanpa pemberitahuan di bulan Juni 2022, sedang saya sudah mengabdi 3 (tiga) periode dari kepala desa sebelumnya.” tuturnya.

Lebih lanjut H Gading, mengatakan pemberhentian saya, baru saya ketahui dari penyampaian warga sekitar.” tambahnya

Sementara Kepala Desa inisial M saat ditemui di kantor nya, hari ini Jumat (2/9/22) untuk konfirmasi hal tersebut menjawab dengan acuh “biarkan saja begitu, dan meminta mantan dusun H Gading disuruh menghadap kepadanya (Kp.Desa),” ucapnya

Kepala Desa M, yang nampak kurang bersahabat dan tidak terbuka ketika diminta alasan mengapa ada pemecatan terhadap Kadus Lamasa, dan mengatakan nanti saya bicara sama dia (Kadus H Gading) setelah itu barulah anda konfirmasi kembali kepada mantan Kadus tersebut,”tambahnya

Sedang kedatangan awak media untuk konfirmasi kepada Kepala Desa, sehubungan pemberhentian yang dilakukan secara sepihak dan semena mena itu, tidak ditanggapi dengan baik dan diduga melanggar, Kemendagri Nomor 67 Tahun 2017, Tentang Pangangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, Pasal 6 , Ayat 1, 2 dan 3.

Dengan tidak memberikan jawaban ketika di konfirmasi, termasuk pelanggaran UU Pers No.40 Tahun 1999, Pasal 18, Ayat 1 ,Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).

Penulis: TIM SHOOTLINEEditor: H Edo
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *