Kolat Koarmada III Uji Gladi Tugas Tempur KRI Sura-802 di Perairan Laut Sorong

  • Bagikan

Sorong Papua,Komando Latihan (Kolat) Komando Armada III melaksanakan lagi uji Gladi Tugas Tempur L1-L2 terhadap unsur-unsur Kapal Perang RI jajaran Koarmada, yakni KRI Sura-802 di perairan Laut Sorong, Rabu (6/10/2021). Sebelumnya, Kolat Koarmada III telah melaksanakan uji latihan yang sama terhadap KRI Kerapu-812 akhir September 2021.

Pada latihan ini, KRI Sura-802 melaksanakan penembakan senjata yang dimiliki, antara lain meriam Bofors SAK 57 mm/70 berpemandu tembakan Signaal LIROD Mk.2, serta dua Kanon Penangkis Serangan Udara (PSU) Rheinmetall 20 mm lambung kanan dan kiri serta senjata laras Panjang organik menunjukan kemampuan tempur prajurit KRI Sura-802 tetap teruji dan terjaga.

Pada Latihan ini, KRI Sura-802 juga melaksanakan berbagai peran, antara lain Peran Melewati Medan Ranjau, Peran Cuaca Buruk, Peran Orang Jatuh di Laut, peran Pemeriksaan dan Penggeledahan serta Peran Tempur Bahaya Permukaan dilanjutkan penembakan senjata yang dimiliki. Semua materi Latihan berjalan lancer.

Pelaksanaan dan penilaian Glagaspur L1-L2 ini sesuai perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., agar selalu menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit dengan melaksanakan berbagai latihan tempur. Pelaksanaan latihan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan karena masih adanya pandemi Covid-19.

Kapal perang sebagai salah satu unsur Sistem Senjata Armada Terpadu merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan menuju Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Untuk mendukung pembinaan tersebut, Kolat Komando Armada III berupaya meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapan operasi Alutsista jajaran Koarmada III. Upaya tersebut antara lain penyelenggaraan Gladi Tugas Tempur “L1-L2” unsur-unsur KRI jajaran Koarmada III. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, dengan lengan baju tersingsing personel Koarmada III tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari, antara lain Glagaspur ini.

L1-L2 yang dilaksanakan oleh KRI Sura-802 ini merupakan latihan gladi tugas tempur untuk mengukur sejauh mana kemampuan personel dalam mengawaki kapal sesuai tugas pokok KRI Sura-802 sebagai unsur tempur, patroli, dan SAR. “Dengan dilaksanakan latihan ini, kemampuan tempur prajurit teruji dan terjaga, sehingga senantiasa siap sewaktu-waktu ditugaskan berangkat operasi dan bertempur,” tegasnya.

Latihan Glagaspur ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah dalam berpikir maupun bertindak personel Koarmada III guna menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Penulis: DODIEditor: 221
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *