Sistepala Alnino SMK Negeri 1 Lintau Buo Kembali Berduka

  • Bagikan

TANAH DATAR | SHOOTLINENEWS.COM – Lintau Buo “Gimana? Serius mau mendirikan Sispala di SMK ini?”

“Iya Pak kami serius dan sungguh-sungguh mau mendirikan Sispala di sekolah ini”

“Ok..Bapak dukung silahkan berkoordinasi dengan Pak Feb dan Bagian Kesiswaan, Kabari secepat kapan Pendidikan nya mau diadakan”

Dokumen Endang Desrianti

Itulah percakapan singkat kami diruangan Kepsek Esemka Lintau Buo 13 Tahun yang lalu, tantangan yang diberikan oleh Bapak, membuat kami bersemangat untuk mendirikan organisasi pecinta alam tingkat SMK di sekolah ini. Berbekal ilmu yang di dapatkan di Mpalh Unp, kami beserta anggota MPALH UNP berhasil melaksanakan PDCA angkatan Perintis di Lembah Harau dengan jumlah 12 orang peserta yang dilantik secara resmi oleh Bapak tepat pada tanggal 25 Mei 2008.

Dan kamipun bersepakat dengan angkatan Perintis memberi nama Sispala ini dengan Nama Sistepala Alnino SMKN 1 Lintau Buo.

Banyak cerita dan peristiwa yang kami lalui bersama Bapak,, wejangan dan nasihat selalu Bapak sampaikan kepada kami..bahkan masih segar diingatan kami Bapak dengan Bangga melepas kami menjadi relawan Bencana Glodo gunung Merapi di Sungai Tarap, Bapak tak sanksi meminjamkan kami Handycam untuk dokumentasi bagi tim relawan, yang kami sendiri tak bisa menggunakannya.” Baca dan pelajari, kan ada petunjuknya., Selamat bertugas,,inilah pembelajaran yang sebenarnya” itu ucapan Bapak.

Bahkan diluar nalar kami, Bapak tiba2 muncul di ngalau Pangian saat pelantikan angkatan IV, tanpa ditemani oleh staff atau unsur pimpinan yang lain, sehingga kami merasa kwatir dengan kondisi Bapak yang setengah sesak Nafas.

“Bapak Sendirian?”

“Ia, Bapak sendiri,,tadi dari Payakumbuh lansung kesini, belum sampai ke sekolah”

“Serius Bapak Sendiri?”

Membuat kami bertanya-tanya karena Medan untuk sampai ke lokasi lumayan terjal

“Iya Sendiri,,masa Bapak kalah dengan kalian”

Kita tertawa,,sangat senang dan bahagia akan kedatangan Bapak..

“Bapak mau Makan dulu? Kita ada sambal jengkol dan sayur yang masih hangat Pak.”

“Boleh,,Bapak juga lapar”.

Dan pertemuan kita menjelang siang itu diakhiri dengan makan siang dengan sambal jengkol + kopi hangat.

Dan yang paling membekas di hati kami, saat melakukan pendakian gunung Marapi via Simabua..ternyata rumah Bapak ada di jalur tersebut..Bapak menunggu kami di teras rumah dan meminta tim untuk sholat magrib dulu di rumah Bapak, Bahkan Bapak sudah menyiapkan makan malam untuk kami, dan tidak membolehkan kami naik sebelum menyelesai sholat Isya dulu..disitu Bapak kembali bercerita tentang alam, lingkungan, mitos, dan tentunya selalu ada motivasi dan semangat..Sholat Isya telah selesai kami laksanakan, kami pun ingin melanjutkan pendakian dan Bapak melepas kami dengan doa bersama..sungguh luar biasa.

Mendengarkan berita pagi ini tentang berpulangnya Bapak ke pangkuan Illahi meninggal luka yang mendalam lagi untuk Sistepala Alnino. Karena 100 Hari yang lalu kami berduka karena kehilangan salah seorang anggota terbaik kami Rici Putra Minda, bahkan saat lebaran nanti kami sudah berencana untuk bersilaturahmi ke rumah Bapak, sekaligus menyampai rasa rindu kami kepada Salah seorang tokoh yang memprakarsai berdirinya Sistepala Alnino SMK Negeri 1 Lintau Buo. Kita hanya bisa berencana , Allah SWT yang menentukan.

Selamat Jalan Bapak Wirman, Terimakasih kasih atas kebaikan yang selalu Bapak ajarkan Kepada kami.”Tidak perlu menjadi orang Besar dan hebat untuk berbuat Baik,,berbuat baiklah sebanyak mungkin dan bermanfaat untuk orang sekitar” itulah yang selalu Bapak Ucapkan.

Bapak pergi di Bulan yang baik, bulan Ramadhan,dan bulan dimana Sistepala Alnino SMK Negeri 1 Lintau Buo dilahirkan..Semoga Allah SWT menempatkan Bapak ditempat terbaiknya,dan memberikan ketabahan untuk keluarga yang tinggalkan.amin ( Endang Desrianti )

Penulis: ROMA FITRA | KORLIP Editor: RF3P
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *