Kapolres Pasaman Barat Tinjau Sejumlah Gereja Jelang Natal 2023 Dan Pos Pengamanan Operasi Lilin Singgalang 2023

  • Bagikan

Pasbar, Shootlinenews– Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mencek dan meninjau kesejumlah gereja diwilayah hukumnya untuk melihat kesiapan personel dilapangan dalam rangka pengamanan ibadah Misa malam Natal 2023, Minggu (24/12/2023).

“Peninjauan dan pengecekan langsung kesejumlah gereja ini guna memastikan kesiapan personel yang melakukan pengamanan di sejumlah gereja pada saat misa malam Natal digelar,” ujar Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki di sela-sela kegiatan.

Adapun gereja yang dikunjungi yakni di Gereja GPIB Effata Sumber Agung yang berada di Jorong Sumber Agung, Nagari IV Koto, Kecamatan Kinali dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jambak yang berada di Jambak Jalur IV, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Dalam peninjauan yang dimulai pada pukul 18.00 Wib tersebut, AKBP Agung Basuki didampingi Wakapolres Kompol Chairul Amri Nasution, Kabag Ops Kompol Muzhendra serta para pejabat utama lainnya.

AKBP Agung mengatakan, peninjauan kesejumlah gereja ini merupakan bentuk pengawasan terhadap personel agar kegiatan Operasi terpusat dengan sandi Operasi Lilin Singgalang 2023 berlangsung aman dan lancar.

Saat melakukan pengecekan gereja, Kapolres juga berkoordinasi dengan masing-masing pendeta dan pemuka agama, sekalian menyampaikan bahwa Polres Pasaman Barat siap mengamankan ibadah Misa Natal 2023 dan perayaan Tahun Baru 2024.

“Nantinya dalam pengamanan ini, Polres Pasaman Barat akan bersinergi dengan personel TNI dari Kodim 0305/Pasaman maupun stakeholder terkait lainnya. Dengan harapan agar umat Nasrani dalam melangsungkan kegiatan ibadah tanpa ada rasa kekhawatiran,” katanya.

Kapolres Pasaman Barat menjelaskan, peninjauan kali ini tidak hanya melihat kesiapan personel, namun Kapolres juga memantau potensi kerawanan di setiap gereja yang dikunjungi guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas selama berlangsungnya ibadah pada malam Natal tahun ini.

“Kami juga memantau potensi kerawanan disetiap gereja, plotingan personel telah kami lakukan, baik personel yang berpakaian dinas maupun yang berpakaian sipil, dengan demikian masyarakat yang merayakan Natal dapat merasakan kehadiran Polri, tanpa merasa takut akan terjadi gangguan kamtibmas selama peribadatan berlangsung,” ujar dia.

Selain meninjau kesejumlah gereja, Kapolres bersama rombongan juga berkunjung ke Pos Pengamanan yang ada di Simpang Tiga dan Pos pengamanan di Tempurung guna melihat kesiapsiagaan personel dalam pelaksanaan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan Ibadah Natal 2023 dan menjelang perayaan tahun baru 2024.

“Akan ada peningkatan volume kendaraan serta mobilitas masyarakat dibeberapa ruas jalan, selain mengamankan ibadah Natal, kami juga memfokuskan pengamanan dalam rangka mengantisipasi kemacetan dan laka lantas sehubungan dengan adanya libur bersama yang telah ditetapkan pemerintah,” terang AKBP Agung.

Seperti yang kita ketahui, dalam operasi Lilin Singgalang tahun ini, Polres Pasaman Barat mendirikan Pos pengamanan di dua lokasi, yaitu di Simpang Tiga yang berada di Jorong Jambak Jalur I Nagari Koto Baru, Kecematan Luhak Nan Duo dan di Tempurung, Nagari IV Koto Kinali,

Selain itu Pos Pelayanan juga didirikan Polres Pasaman Barat di tiga titik lokasi yang berada di Pantai Sasak Pohon Seribu, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Air Bangis serta di Pantai Sikabau, Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka. (HumasResPasbar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *