Upacara Peringatan Hari Santri Ke-7 Dipimpin Bupati Aceh Tamiang

  • Bagikan

SHOOTLINENEWS.COM | Aceh Tamiang – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Santri ke-7 yang berlangsung di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang. Sabtu (22/10/22).

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn, membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia.

“Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan”, sebutnya.

Kemudian dikatakan, sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Pada tahun 2022 ini, Peringatan Hari Santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Disebutkan, santri senantiasa berprinsip, bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

“Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata. Hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut ikut merayakan Hari santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” ujar Mursil menirukan amanat.

“Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendo’akan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala. Amin,” ucapnya mengakhiri.

Menghadiri upacara Peringatan Hari Santri, Wakil Bupati, tengku Insyafuddin, ST, Segenap unsur Forkopimda , Sekretaris Daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang beserta jajaran, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPK, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala instansi vertikal, Dan Yonif 111 RK/ Karma Bhakti, Ketua KNPI dan Ketua KONI Aceh Tamiang serta para pimpinan, asatidz dan santri dayah se-kabupaten yang menjadi peserta upacara.

Laporan | Mulia.A

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *