Balai Latihan Kerjan Pasaman Barat Berikan Pelatihan TIK, Instalasi Listrik, Otomotif

  • Bagikan

Pasbar, Shootlinenews

Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Pasbar memberikan pembekalan keterampilan kepada masyarakat melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2024. Pelatihan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pasbar, Hendra Putra pada Jumat (12/1), di Kantor BLK Pasbar Giri Maju, Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo.

Kepala UPTD BLK Pasbar Erwanzi pada  pembukaan menyampaikan pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 tahun anggaran 2024 tersebut terdiri dari tiga paket pelatihan, yakni kejuruan TIK dengan program practical office advance, kedua kejuruan teknik listrik dengan program pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, ketiga kejuruan teknik otomotif dengan program servis sepeda motor injeksi.

Pembukaan dihadiri oleh sekda pasbar, kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) padang, staf ahli, BPJS ketenagakerjaan, kadis dinas tenaga kerja,kabid pelatihan dan produktivitas, Wali Nagari Giri Maju dan Babinkamtibmas.

Sambutan disampaikan oleh bpjs ketenagakerjaan, kepala BPVP Padang Eka Cahyana Adi, S.Pd, MM dan laporan panitia disampaikan oleh kepala UPTD BLK Pasaman barat  Erwanzi, S. Pd
Dilanjutkan dengan arahan dari sekda sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan.

Dalam acara juga ditampilkan video kegiatan pelatihan dan video dari beberapa perwakilan alumni BLK Pasaman Barat yang sudah bekerja.

Erwanzi S. Pd juga menyampaikan dalam laporan panitia bahwa pihak perusahaan yaitu PT. Anukrah CCTV dan Kelistrikan Padang mengabarkan bahwa alumni BLK Pasbar yang diterima bekerja disana pada tahun 2023 mengikuti lomba kelistrikan antar perusahaan listrik se indonesia dan mendapat prestasi di urutan kedua se Indonesia.

“Sehingga perusahaan tersebut berniat untuk membuat kerjasama berupa MOU untuk merekrut alumni BLK Pasbar dalam rekrutmen dibulan agustus mendatang dan akan melakukan penandatangan perjanjian kerjasama pada bulan Januari ini, ” ungkapnya.

Diharapkan para peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius, karena ilmu yang diperoleh dari kegiatan itu sangat bermanfaat dan dapat diaplikasikan di dunia kerja nantinya.

“Pelatihan ini dilakukan untuk mengupgrade skill, pengetahuan, mengasah sikap, etika dan perilaku peserta, dengan tujuan menjembatani program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran, baik disebabkan lepas pendidikan ataupun berusaha mandiri,” jelasnya

Selain itu, ia mengatakan bahwa pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan sesuai bidang kejuruan masing-masing peserta serta meningkatkan ketrampilan masyarakat pada usia produktif yang nantinya menjadi bekal dalam kerja.

“Dengan keterampilan yang telah dimiliki nanti, diharapkan peserta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha mandiri serta terwujudnya kualitas sumber daya manusia yang terampil, kompeten dan produktif pada bidang masing-masing kejuruan,” katanya.

“Pelatihan ini berlangsung selama 33 hari, mulai tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan 5 Maret 2024 dengan peserta pelatihan masing-masing 16 orang perkejuruan,” jelasnya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *